CEO Sony Ramal Kamera HP Akan Kalahkan Kamera SLR, Kapan?

ADVERTISEMENT

CEO Sony Ramal Kamera HP Akan Kalahkan Kamera SLR, Kapan?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 02 Jun 2022 17:23 WIB
Uji kamera Galaxy S22 Ultra Vs Huawei P50 Pro
CEO Sony Ramal Kamera HP Akan Kalahkan SLR 2 Tahun Lagi Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

CEO Sony Semiconductor Solutions Terushi Shimizu baru saja membuat ramalan yang mengejutkan tentang masa depan kamera ponsel. Shimizu mengatakan kualitas kamera ponsel akan mengalahkan kamera SLR pada tahun 2024.

"Kami memperkirakan foto akan menyaingi kualitas foto kamera single-lens reflex (SLR) dalam beberapa tahun ke depan," kata Shimizu, seperti dikutip dari PetaPixel, Kamis (2/6/2022).

Shimizu menjelaskan kualitas kamera ponsel akan bisa mengalahkan kamera SLR berkat sensor dan bukaan yang lebih besar, serta teknologi komputasi fotografi yang makin canggih.

Sony meyakini saat ini sistem kamera tingkat tinggi sedang dikembangkan untuk memperbesar ukuran sensor. Raksasa teknologi asal Jepang ini memperkirakan ukuran sensor kamera untuk ponsel high-end akan naik dua kali lipat pada tahun 2024.

Sensor kamera yang lebih besar ini akan dikombinasikan dengan image signal processor (ISP) yang lebih canggih. Dua faktor ini, yang dikombinasikan dengan 'quantum saturation' dan kecerdasan buatan (AI), diyakini Sony bisa membuat kamera ponsel mengalahkan kamera SLR.

Prediksi Sony untuk masa depan kamera ponsel tidak berhenti sampai di situ. Pada tahun 2025, mereka memperkirakan kamera ponsel akan membawa peningkatan pesat untuk video berkecepatan tinggi, lebih banyak megapixel, dan autofokus yang lebih mumpuni.

Peningkatan ini termasuk evolusi dalam performa video seperti readout berkecepatan tinggi yang mendukung video 8K, pemrosesan multi-frame untuk HDR yang lebih baik, dan pemrosesan berbasis AI yang lebih bertenaga.

Sony juga meyakini pemanfaatan informasi jarak menggunakan sensor time-of-flight atau LiDAR bisa menghasilkan fokus dengan lebih mudah, cepat, dan akurat.

Pada tahun 2030, Sony memprediksi ponsel akan sepenuhnya mengandalkan lensa periskop untuk meningkatkan kemampuan zoom, sambil meneruskan pengembangan teknologi pemrosesan AI untuk menghasilkan foto berkualitas tinggi.

Video dengan resolusi 8K juga diprediksi akan menjadi standar baru, dan kamera ponsel akan bisa menghasilkan bokeh dan manipulasi cahaya di foto dan video.

Tentu saja dengan ramalan yang positif ini Sony memprediksi bisnisnya di sektor mobile imaging akan terus berkembang sejalan dengan ukuran sensor kamera yang lebih besar dan mulai menguasai pasar.

Sensor kamera berukuran besar memang akan segera hadir secara komersial. Salah satunya sensor kamera ponsel 200 MP yang dikembangkan oleh Samsung. Sejak diumumkan akhir tahun lalu, sensor kamera ini masih belum dirilis secara publik dan kabarnya akan debut bersama ponsel flagship terbaru dari Motorola.

[Gambas:Youtube]



(vmp/vmp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT