AMD Yakin Bisa Bikin Baterai Laptop Bertahan 10 Jam

Computex 2022

AMD Yakin Bisa Bikin Baterai Laptop Bertahan 10 Jam

Anggoro Suryo - detikInet
Selasa, 24 Mei 2022 10:15 WIB
AMD
Ilustrasi Ryzen 4000. Foto: Dok. AMD
Jakarta -

Selain memamerkan kemampuan Ryzen 7000, AMD juga punya mobile APU baru yang dipamerkan di Computex 2022, yaitu Mendocino.

Lewat Mendocino, AMD meyakini bisa membuat laptop dengan harga terjangkau yang punya daya tahan baterai mumpuni, mencapai 10 jam, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Selasa (24/5/2022).

Laptop-laptop ini bakal mengkombinasikan prosesor Ryzen dengan arsitektur Zen 2 dengan grafis RDNA 2 yang dibuat menggunakan proses 6nm TSMC. Kombinasi tersebut dijanjikan bisa menghadirkan daya tahan baterai 10 jam untuk laptop dengan harga kisaran USD 399 sampai USD 699, baik untuk Windows maupun Chromebook.

Sebagai informasi, kombinasi CPU dan GPU yang menjadi APU Mendocino ini terlihat seperti versi modifikasi dari APU Aerith yang dipakai di Steam Deck. Tentu, kesamaan ini sebatas spesifikasi di atas kertas. Seperti CPU Zen 2 quad core delapan thread, GPU RDNA 2, dan dukungan LPDDR5.

AMD memposisikan Mendocino ini sebagai APU untuk laptop dengan harga terjangkau, sementara Ryzen 6000 (Rembrandt) diposisikan untuk laptop kelas premium dengan arsitektur Zen 3+ yang dipakainya.

Dari segi performa CPU, mungkin Mendocino akan mirip dengan performa Ryzen 4000 Renoir yang juga memakai Zen 2. Mungkin akan lebih efisien karena Renoir dibuat menggunakan proses 7nm, sementara Mendocino 6nm.

Namun peningkatannya akan terasa di sektor grafis, berkat pemakaian grafis RDNA 2. Jadi di atas kertas, seharusnya Mendocino akan punya kemampuan grafis lebih tinggi dengan kelas harga yang lebih murah.

Klaim daya tahan baterai 10 jam ini memang bisa punya banyak arti, karena penggunaan setiap orang tentu berbeda, yang artinya daya tahan baterainya pun akan berbeda juga. AMD pun hanya menyebut daya tahan 10 jam ini untuk penggunaan campuran.

"Kebanyakan orang biasanya hanya mendapat empat, lima, enam jam di laptop dengan kisaran harga USD 399 sampai USD 699. Seminimalnya, kami menginginkan 10 jam dari laptop ini," ujar Robert Hallock, AMD Technical Marketing Director.

[Gambas:Youtube]



(asj/afr)