Samsung Rilis Memori Internal UFS 4.0 dengan Kecepatan 2X Lipat UFS 3.1

Samsung Rilis Memori Internal UFS 4.0 dengan Kecepatan 2X Lipat UFS 3.1

Adi Fida Rahman - detikInet
Jumat, 06 Mei 2022 10:00 WIB
Samsung UFS 4.0
Samsung UFS 4.0. Foto: Samsung
Jakarta -

Samsung resmi mengumumkan UFS 4.0 sebagai versi solusi penyimpanan terbaru. Ini adalah penerus langsung UFS 3.1, diklaim membawa peningkatan signifikan pada kecepatan dan efisiensi perangkat seperti ponsel, tablet, dan perangkat yang dapat dilipat.

UFS 4.0 menawarkan kecepatan hingga 23.2Gbps per lane, dua kali lipat dari UFS 3.1. Menurut Samsung, UFS 4.0 sangat ideal untuk smartphone 5G yang membutuhkan pemrosesan data dalam jumlah besar.

Perusahaan juga mengklaim bahwa teknologi V-NAND generasi ke-7 yang baru dapat mencapai kinerja baca sekuensial hingga 4.200 MB/s serta kecepatan tulis sekuensial hingga 2.800 MB/s, yang secara signifikan lebih cepat daripada penyimpanan UFS 3.1.

Lebih lanjut dikatakan peningkatan efisiensi daya turut pula diunggulkan. UFS 4.0 punya efesiensi daya 46% lebih baik dibandingkan dengan versi sebelumnya. Kecepatan baca sekuensial disebut-sebut menjadi 6.0MB/s per mA.

Namun yang menariknya lagi, Samsung berhasil menggabungkan semua peningkatan ini ke dalam paket yang lebih kecil. Dimensinya menjadi 11mm x 13mm x 1mm pada ukuran maksimum yang tersedia. Hal ini dapat memberikan pemanfaatan ruang dan kenyamanan desain yang lebih baik.

UFS 4.0 akan tersedia dalam kapasitas penyimpanan yang berbeda hingga 1TB. Produksi massal akan dimulai pada kuartal ketiga tahun ini. Ketersediaan komersial diharapkan pada Galaxy Z Flip 4, Galaxy Z Fold 4, dan Galaxy S23.



Simak Video "4 HP Baru Samsung yang Dipasarkan di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/agt)