Ini Prediksi Peluncuran iPhone dengan Kamera Bawah Layar

Ini Prediksi Peluncuran iPhone dengan Kamera Bawah Layar

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 21 Apr 2022 18:41 WIB
iPhone 13
Kapan iPhone dengan Kamera Bawah Layar Diluncurkan? Ini Prediksinya Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Apple sepertinya tidak ingin buru-buru mengikuti vendor ponsel lain dengan membawa kamera depan bawah layar ke iPhone. Kabarnya, Apple baru akan meluncurkan iPhone dengan kamera bawah layar pada tahun 2024.

Prediksi ini datang dari analis Ming-Chi Kuo lewat cuitannya di Twitter. Kuo mengatakan iPhone high-end (kemungkinan iPhone 16 Pro) yang rilis pada tahun 2024 akan menjadi perangkat Apple pertama yang mengusung kamera depan dan Face ID bawah layar.

"Saya pikir iPhone dengan layar penuh yang sebenarnya akan datang pada tahun 2024," kata Kuo seperti dikutip dari MacRumors, Kamis (21/4/2022).

"iPhone high-end pada tahun 2024 akan mengadopsi kamera depan bawah layar bersama dengan Face ID bawah layar," sambungnya.

Kuo mengaitkan komentarnya dengan cuitan sebelumnya di mana ia setuju dengan klaim Ross Young, analis dari DSCC, yang mengatakan bahwa Face ID bawah layar akan hadir di iPhone 16 sedangkan Touch ID bawah layar akan dibatalkan.

Kamera depan bawah layar memang mulai digunakan di ponsel flagship keluaran beberapa vendor, termasuk Samsung Galaxy Z Fold 3 dan ZTE Axon 20 5G. Teknologi untuk menghadirkan kamera bawah layar memang terus meningkat, tapi kualitas fotonya masih kalah dibandingkan dengan kamera depan standar.

Kuo mengindikasikan faktor hardware dan software yang masih terbatas membuat Apple harus menyempurnakan teknologi kamera bawah layar terlebih dahulu. Ia mengatakan Apple akan mengatasi masalah kualitas foto ini dengan meningkatkan performa ISP (Image Signal Processor) dan algoritma gambar.

Tapi kehadiran iPhone 16 di tahun 2024 tentu masih jauh, jadi ada kemungkinan prediksi ini akan berubah lagi. Sementara itu, iPhone 14 yang akan meluncur tahun ini akan menghilangkan notch dan menggantikannya dengan desain punch-hole dan pil untuk menempatkan kamera depan dan sensor Face ID.



Simak Video "Seputar Kabar Apple yang Ingin Sewakan iPhone"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)