Vivo X Fold Dirilis, Ini Harga & Spek HP Lipat Pesaing Galaxy Z Fold 3

ADVERTISEMENT

Vivo X Fold Dirilis, Ini Harga & Spek HP Lipat Pesaing Galaxy Z Fold 3

Adi Fida Rahman - detikInet
Selasa, 12 Apr 2022 06:51 WIB
Vivo X Fold
Vivo X Fold. Foto: Vivo
Jakarta -

Vivo resmi mengumumkan HP layar lipat pertamanya. Diberi julukan Vivo X Fold, berikut spesifikasi dan harga perangkat pesaing Galaxy Z Fold 3 ini.

Vivo X Fold mengusung konsep yang sama dengan HP layar lipat Samsung. Memiliki dua layar, di luar dan dalam yang bisa dilipat.

Layar bagian luar berukuran 6,53 inch Full HD+ dengan rasio 21:9. Panel yang digunakan AMOLED E5 dengan refresh rate 120Hz serta mendukung HDR10+.

Berbeda dengan Galaxy Z Fold 3 yang memasang sensor sidik jarinya di tombol power, Vivo menempatkannya di layar di kedua layarnya menggunakan teknologi ultrasonic fingerprint.

Bicara layar bagian dalamnya punya bentangan 8,03 inch dengan resolusi 2K dan refresh rate 120 Hz. Menggunakan panel AMOLED LTPO2 buatan Samsung dan SCHOTT UTG (ultra thin glass).

Vivo X FoldVivo X Fold Foto: Vivo

Soal bagian engsel yang menjadi bagian paling penting dari sebuah HP lipat, Vivo mengatakan telah memutuskan untuk membangunnya berdasarkan solusi berbentuk tetesan air, seperti Oppo Find N. Ada pelat tengah mengambang terintegrasi dari bahan yang sama dengan paduan zirkonium yang berfungsi sebagai "kerangka".

Ini meniru sayap burung. Saat ponsel dibuka, pelat tengah akan naik untuk "mengangkat" lipatan di tengah layar bagian dalam, membuat permukaannya lebih halus, kata Vivo.

Dan saat perangkat ditutup, pelat tengah yang lebih rendah juga menyediakan ruang yang cukup untuk bagian panel yang bengkok, sehingga ponsel lebih tahan lama (bersertifikat TÜV 300.000 masa pakai). Pada saat yang sama, Vivo juga telah menggunakan UTG dan mengontrol radius tekukan layar bagian dalam hingga 2,3 mm. Ini lebih baik daripada 3mm yang merupakan standar di ponsel lain, klaim perusahaan.

Beralih ke dapur pacu, Vivo X Fold ditenagai oleh Snapdragon 8 Gen 1 dengan RAM hingga 12GB, memiliki pendingin VC liquid, lembaran konduktif termal grafit, dan gel konduktif termal. Pelat VC juga diperluas ke kompartemen baterai untuk pendinginan yang lebih baik. Ponsel ini juga memiliki sakelar peringatan.

Baterai yang dipasang berkapasitas 4.600 mAh yang dapat diisi ulang dengan cepat. Vivo melengkapi dengan dukungan fast charging 66W yang bisa mengisi penuh dalam waktu 37 menit.

Kameranya begitu menggoda dibanding Galaxy Z Fold 3. Kamera utama Vivo X Fold berukuran 50 MP menggunakan sensor GN5 1/1,57 inch dan dilengkapi OIS.

Vivo X FoldVivo X Fold Foto: Vivo

Vivo turut memasang kamera zoom 12 MP, kamera periskop 5x (zoom digital 60x) dan kamera ultra-wide 48 MP. Kamera X Fold dipoles oleh Zeiss dengan membawa sejumlah fitur menarik, di antaranya Texture Portrait, Motion Capture 3.0, Zeiss Super Night Scene, Zeiss Nature Color dan lainnya.

Untuk kebutuhan selfie ataupun video chat diberikan kamera yang dipasang pada punch hole layar bagian depan dan dalam. Ukuran masing-masing 16 MP dengan bukaan f/2.45.

Vivo turut memaksimalkan layar lipat X Fold. Pengguna nantinya bisa menjalankan dua aplikasi secara berdampingan pada layar bagian dalam. Pada saat yang sama, pengguna dapat menjalankan jendela mengambang di bagian atas untuk pengalaman multitasking yang lebih kaya.

Layaknya Galaxy Z Fold 3, HP ini punya jendela bidik saat perangkat tengah di lipat dalam bentuk L. Ini akan memudahkan pengguna membuat konten tanpa bantuan tripod.

Saat ini Vivo X Fold hanya dijual di China dengan pilihan warna Mountain Blue dan Ash. Untuk harganya sebagai berikut:

  • versi 12 GB + 256 GB harganya 8.999 yuan atau Rp 20,3 juta
  • versi 12 GB + 512 GB harganya 9.999 yuan atau Rp 22,3 juta



Simak Video "Wujud dan Spesifikasi HP Lipat Vivo"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT