Aneka HP Android Ini Pancarkan Radiasi Tertinggi

Aneka HP Android Ini Pancarkan Radiasi Tertinggi

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 11 Apr 2022 20:44 WIB
Jakarta -

Bukan rahasia bahwa ponsel zaman sekarang mengeluarkan radiasi, meski levelnya berbeda-beda dan tidak membahayakan. Tapi sebuah laporan terbaru mengungkap ponsel atau HP Android apa saja yang paling banyak memancarkan radiasi.

Menurut laporan Bankless Times, beberapa ponsel lama buatan Google, Sony, Motorola, OnePlus, Oppo, dan ZTE mengeluarkan radiasi terbesar. Posisi pertamanya dipegang oleh Motorola Edge, diikuti dengan ZTE Axon 11 5G dan OnePlus 6T.

Peringkat ini dibuat berdasarkan nilai Specific Absorption Ratios (SAR) masing-masing ponsel. Rasio ini mengukur seberapa cepat tubuh menyerap energi frekuensi radio dari sumber, yang dalam kasus ini adalah ponsel.

Haasilnya, Motorola Edge memiliki nilai SAR sebesar 1,76 W/kg. Padahal Federal Communications Commission AS menetapkan batas maksimal SAR sebesar 1,6 W/kg, seperti dikutip dari Android Central, Senin (11/4/2022).

Beberapa ponsel lainnya yang masuk dalam daftar ini antara lain Google Pixel 3, Pixel 3XL, Pixel 4a, Sony Xperia XA2 Plus, dan Xperia ZX1 Compact.

Menanggapi laporan ini, perwakilan tim Google Pixel mengatakan mereka sudah merilis data SAR untuk semua ponselnya, termasuk Pixel 3, Pixel 3XL dan Pixel 4a.

HP radiasi tertinggiHP Android radiasi tertinggi. Foto: Bankless Times

"Ponsel-ponsel ini memenuhi semua pedoman peraturan dan kepatuhan di negara tempat kami mendistribusikannya," kata juru bicara Google.

"Ponsel terbaru kami Pixel 6 dan Pixel 6 Pro bahkan memiliki nilai SAR yang lebih rendah," sambungnya.

Perlu dicatat bahwa hasil tes SAR ini bisa tidak akurat karena banyaknya variabel antara satu ponsel dan ponsel lainnya. Selain itu, ponsel yang nilai SAR-nya terlalu tinggi dan melewati batas normal FCC juga tidak akan diizinkan untuk dijual secara publik.

FCC juga mengatakan saat ini tidak ada bukti ilmiah yang konsisten atau kredibel tentang masalah kesehatan yang disebabkan oleh paparan energi frekuensi radio yang dikeluarkan ponsel.

Tapi bagi pengguna yang masih khawatir, FCC menyarankan untuk menjauhkan ponsel atau HP Android dari tubuh dan kepala sebisa mungkin, serta menggunakan speaker atau aksesoris hands-free untuk mengurangi paparan.

(fyk/fay)