4 Gadget yang Bisa Bangunin Kamu Sahur, Lebih Ampuh dari HP

4 Gadget yang Bisa Bangunin Kamu Sahur, Lebih Ampuh dari HP

Rachmatunnisa - detikInet
Minggu, 10 Apr 2022 03:00 WIB
alarm sahur
Foto: Istimewa
Jakarta -

Beranjak dari tempat tidur bisa jadi salah satu tantangan terberat, apalagi untuk bangun sahur. Tapi, ada banyak teknologi yang bisa membantu. Bukan pakai alarm di HP, empat gadget ini mudah-mudahan lebih ampuh membangunkan kamu sahur.

1. Lampu pintar

Lampu pintar memungkinkan kamu menggunakan ponsel untuk menyalakan dan mematikan bohlam, dan membuatnya bekerja sesuai jadwal yang sudah ditentukan juga. Banyak jenis lampu pintar juga hadir dengan fitur yang akan memudahkan kamu bangun tidur dengan meniru waktu dan warna Matahari terbit yang terlihat alami.

Dengan intensitas terang secara bertahap, lampu-lampu seperti ini bertujuan untuk membangunkan kamu dengan cara yang sama seperti cahaya Matahari. Beberapa bohlam, seperti yang ada dalam rangkaian produk Philips Hue, dapat menyesuaikan waktu Matahari terbit di lokasi kalian dan akan terprogram otomatis.

alarm sahurFoto: Istimewa

Ada juga jenis lampu pintar yang cukup diberi tahu kapan harus membangunkan kamu, dan tingkat kecerahannya bisa ditentukan selama beberapa menit. Pengaturan bisa dilakukan lewat aplikasi di smartphone.

Bohlam Lifx adalah salah satu merek yang punya kemampuan ini. Kamu bisa mengatur waktu Matahari terbit dan terbenam, dan aplikasi Lifx menangani sisanya (termasuk mencocokkan warna Matahari terbit atau terbenam).

Beberapa lampu pintar juga dibuat khusus untuk membuat kamu bangun dari tempat tidur secara alamai. Pada waktu yang dipilih, Philips SmartSleep Sleep atau Wake-up Light misalnya, akan secara bertahap mengisi kamar tidur kamu dengan cahaya. Ini bisa membantu kamu bangun di malam hari juga, dengan menghasilkan siklus cahaya dan suara yang menenangkan untuk membantu lebih cepat tertidur agar tidak terlambat bangun.

SmartwatchFoto: PopScience

2. Smartwatch atau fitness tracker

Manfaat menggunakan jam tangan pintar atau fitness tracker untuk membangunkan tidur ada dua. Pertama, gadget ini dapat memantau berbagai tahap tidur yang bisa memberi informasi kualitas tidur. Kedua, smartwatch dan fitness tracker dapat membangunkan kamu dengan getaran lembut alih-alih bunyi yang berisik.

Wearable gadget ini juga dapat memantau gerakan kita sepanjang malam, hingga melacak saat kita mengalami tidur nyenyak. Kemudian kita bisa menggunakan data itu untuk menentukan waktu terbaik untuk bangun, dan untuk tetap berpegang pada rutinitas yang menampilkan waktu tidur dan waktu bangun yang sama.

Beberapa smartwatch dan fitness tracker memungkinkan kamu memilih periode waktu kapan ingin bangun. Ada juga pengaturan getaran yang berguna jika kebetulan tidur dengan orang lain yang harus bangun di waktu yang berbeda. Sebagian besar smartwatch dan fitness tracker biasanya sudah punya fitur-fitur yang telah disebutkan di atas, misalnya Samsung Galaxy Watch dan Fitbit Inspire.

Selanjutnya: Alarm Radio dan Speaker Pintar