Samsung dan Oppo Kolaborasi Bikin Chip untuk Lawan Apple

Samsung dan Oppo Kolaborasi Bikin Chip untuk Lawan Apple

ADVERTISEMENT

Samsung dan Oppo Kolaborasi Bikin Chip untuk Lawan Apple

Adi Fida Rahman - detikInet
Sabtu, 09 Apr 2022 16:42 WIB
Samsung dan Oppo berkolaborasi bikin chipset untuk saingi Apple
Samsung dan Oppo berkolaborasi bikin chipset untuk saingi Apple. Foto: Gizchina
Jakarta -

Samsung dan Oppo berencana berkolaborasi membesut chip khusus. Tujuannya untuk melawan chipset buatan Apple yang dipasang di iPhone.

Oppo telah membuat chip sinyal gambar yang dikembangkan sendiri. Chip yang diberi nama Mariana X ini sudah dipasang pada Oppo Find X5.

Chip ini mengadopsi arsitektur baru milik DSA dan menggunakan teknologi proses 6nm TSMC. Mariana X dapat melakukan 18 triliun kalkulasi AI per detik, melampaui kekuatan komputasi 15,8Tops dari chip A15 Apple. Jadi bisa dikatakan Ini adalah chip NPU seluler teratas di dunia saat ini.

Sebelumnya bos Samsung TM Roh mengatakan bahwa pihaknya akan mengembangkan chip unik untuk model seri Galaxy. Menurut spekulasi, alasan mengembangkan chip baru ini adalah karena kinerja Exynos 2200 buruk. Pasalnya chip tersebut memiliki masalah GPS dan kinerja pendinginan yang buruk.

Exynos sendiri adalah merek prosesor dari Samsung yang menggunakan arsitektur ARM. Sejak diluncurkan Februari 2011, chip ini sebagian besar dipasang di smartphone Samsung.

Seri Exynos sebelumnya memiliki performa yang relatif baik, namun dalam beberapa tahun terakhir performa Exynos dinilai kurang memuaskan. Sebab itu kesenjangan antara Samsung, MediaTek dan Qualcomm semakin lebar, demikian dilansir Gizchina.

Semoga saja kolaborasi Samsung dan Oppo mampu melahirkan chipset yang mumpuni. Sehingga benar-benar bisa menyaingi kebolehan dari chipset Apple.



Simak Video "Oppo Kuasai Pasar Ponsel Indonesia di Q3 2022 "
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT