Rumor Samsung Galaxy S22 FE dan Galaxy S23 Akan Pakai Chip MediaTek

Rumor Samsung Galaxy S22 FE dan Galaxy S23 Akan Pakai Chip MediaTek

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 07 Apr 2022 16:04 WIB
Galaxy S21 FE
Ilustrasi Samsung Galaxy S21 FE Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Ponsel flagship Samsung biasanya menggunakan chip Qualcomm atau Exynos. Tapi sepertinya Samsung akan memasang chip MediaTek untuk ponsel flagship generasi terbarunya.

BusinessKorea melaporkan Samsung sedang mempertimbangkan menggunakan chip MediaTek untuk Galaxy S22 FE dan Galaxy S23. Tapi jenis chip MediaTek yang akan digunakan belum terungkap.

Laporan tersebut menyebutkan setengah dari Galaxy S22 FE yang dijual di Asia akan menggunakan chip MediaTek, sedangkan sisanya kemungkinan akan menggunakan chip Snapdragon.

Strategi yang sama sepertinya juga akan diterapkan di Galaxy S23 yang meluncur tahun depan. Galaxy S23 yang dirilis di Asia disebut akan menggunakan chip MediaTek, dan lainnya mungkin akan menggunakan chip Snapdragon, seperti dikutip dari Android Authority, Kamis (7/4/2022).

Samsung sebenarnya sudah menggunakan chip MediaTek di beberapa ponselnya, tapi terbatas untuk ponsel entry level dan kelas menengah. Jika rumor ini benar adanya, maka ini pertama kalinya vendor asal Korea Selatan ini menggunakan chip selain Exynos dan Snapdragon di ponsel flagship-nya.

Tapi ini bukan pertama kalinya Samsung menggunakan lebih dari dua penyuplai chip di ponsel flagship-nya. Galaxy S2 yang diluncurkan pada tahun 2011 hadir dengan chip Exynos, Snapdragon, dan Texas Instruments.

Belum diketahui chip MediaTek apa yang akan digunakan di Galaxy S22 FE yang diprediksi meluncur tahun ini. Tapi rumor yang beredar menyebutkan Samsung akan mengadopsi chipset Dimensity 9000 untuk ponsel flagship terjangkaunya itu.

Dimensity 9000 sendiri merupakan chip flagship terbaru dari MediaTek. Hasil benchmark awal menunjukkan Dimensity 9000 bisa jadi pesaing utama Snapdragon 8 Gen 1 yang banyak digunakan ponsel flagship keluaran tahun 2022.



Simak Video "Samsung Produksi Chip 3 Nanometer Pertama di Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)