Ponsel Makin Jago Memotret di Malam Hari, Tapi Perhatikan Ini

Ponsel Makin Jago Memotret di Malam Hari, Tapi Perhatikan Ini

Adi Fida Rahman - detikInet
Kamis, 24 Mar 2022 21:12 WIB
Samsung Galaxy S22
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Kamera ponsel terus dipoles kemampuannya. Tidak hanya di kondisi terang, kamera ponsel kini bisa diandalkan untuk memotret di malam hari dengan hasil ciamik.

Ini diamini oleh fotografer sekaligus content creator Gesit Wisnu Prakoso. Menurutnya teknologi kamera di smartphone semakin bagus bahkan untuk memotret di malam hari.

Sebab para vendor menyematkan sensor yang jauh lebih besar dari sebelumnya. Tak sampai di situ, sederet fitur pun diberikan agar mampu mengabadikan momen layaknya menggunakan kamera profesional.

"Sekarang kamera ponsel didukung fitur menarik. Misalnya Pro Mode yang bisa mempermudah kita mengatur segalanya secara manual. Sehingga kita kita merasakan sensasi menggunakan kamera profesional, dan itu membantu banget ketika kita berada di kondisi low light atau moto saat malam," ujar Gesit saat Workshop Samsung Galaxy S22 Series.

Selain itu, ponsel kekinian dibekali Night Mode yang dilengkapi anti getar atau OIS. Sehingga lebih menstabilkan kamera saat digunakan memotret di kondisi minim cahaya.

"Bikin brightness di foto kita secara otomatis jadi bagus padahal kondisinya pada saat itu sedang low light. Selain itu kondisi fotonya tidak goyang, jadi jangan takut kalau foto malam, kamera sekarang sudah dibekali fitur anti-shake," terang Gesit.

Samsung Galaxy S22Gesit Wisnu Prakoso Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Kendati kamera smartphone sudah sebegitu canggih untuk memotret di malam hari, Gesit mengingatkan ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengabadikan momen di kondisi low light. Pertama pencahayaan, disarankan untuk tidak membelakangi lampu sebab foto akan gelap dan muncul flare.

Kedua memperhatikan komposisi. Ini penting apalagi ketika menggunakan smartphone yang tidak bisa mengubah-ubah lensanya. Terakhir sebisa mungkin foto tidak goyang.

"Kalau kita tidak bisa handheld, paling tidak menggunakan tripod," saran Gesit.

Dalam kesempatan ini Gesit memberikan tips agar memotret di malam hari pakai ponsel:

1. Gunakan fitur yang ada di ponsel, misalnya Pro Mode untuk mengatur secara manual ISO, shutter speed, white balance dan pengubah fokus

2. Perhatikan komposisi agar tidak goyang agar hasil jepretan menarik

3. Bila perlu melakukan pengeditan. Ada dua aplikasi yang disarankan, yakni Adobe Lightroom untuk color grading dan Snapseed untuk finishing.

[Gambas:Youtube]






Simak Video "Tampilan dan Spesifikasi Resmi Samsung Galaxy S22 Series"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fay)