Pendiri Android: Pasar Tablet Bakal Salip Laptop

Pendiri Android: Pasar Tablet Bakal Salip Laptop

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 11 Mar 2022 22:11 WIB
Android 12.1
Tampilan Android 12L. Foto: XDA Developers
Jakarta -

Google yang sudah lama seperti cuek ke ranah tablet kini tiba-tiba sangat mempedulikan pasar tablet, dan menyebut pasarnya bakal segera menyalip laptop.

Hal ini diutarakan oleh Rich Miner, CTO Android tablet, yang juga salah satu pendiri Android -- sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google. Ia mengatakan hal ini ke para developer di acara The Android Show milik Google.

Miner menceritakan saat tablet Android pertama diperkenalkan pada 2011, dan bagaimana aplikasi seperti pemutar media bisa menyesuaikan tampilan aplikasinya ke layar yang lebih besar tanpa perlu banyak perubahan di proses pembuatannya.

Namun pertumbuhan tablet Android mengalami stagnansi selama beberapa tahun, sampai akhirnya terjadi pandemi COVID-19. Miner membandingkan pertumbuhan tablet sebelum pandemi pada akhir 2019, yang menunjukkan pertumbuhan yang signifikan, dan bakal menyalip laptop dalam waktu dekat.

Salah satu faktor pendukungannya adalah kini lebih banyak aksesoris keyboard untuk tablet dan juga pengembangan software dan hardware, yang membuat tablet menjadi sebuah perangkat yang lebih berguna untuk produktivitas dan bukan sekadar untuk konsumsi media.

Alasan lainnya adalah tablet bisa lebih mumpuni dan harganya bakal lebih murah ketimbang laptop. Google pun kini memang tengah menggarap Android 12L untuk mengoptimasi tampilan antarmukanya di perangkat yang lebih besar, seperti tablet.

Kemudian Miner mengajak para developer untuk melihat kembali aplikasi buatannya, dan mempertimbangkan untuk memanfaatkan alat-alat yang disediakan Google untuk meningkatkan kompatibilitas aplikasi ponsel di tablet. Atau bahkan membangun aplikasi baru yang memang ditujukan untuk tablet.

Ia pun menunjukkan data penjualan tablet pada 2020, di mana penjualan tablet, menurutnya, mulai mendekati jumlah pengapalan laptop, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Jumat (11/3/2022).

"Saya benar-benar percaya kalau nantinya akan ada titik persimpangan dalam waktu dekat di mana akan lebih banyak tablet yang terjual selama setahun dibanding laptop. Saya pikir, jika titik itu sudah tercapai rasanya tak akan kembali lagi," jelas Miner.

Namun tentu pernyataan Miner ini harus dibuktikan dengan usaha Google untuk mengembangkan sistem operasi khusus tablet, dan tentunya dukungan aplikasi yang lebih luas dari berbagai pengembang. Karena sejauh ini, ranah inilah yang membuat iPad lebih unggul ketimbang tablet Android.

[Gambas:Youtube]





Simak Video "Google Pixel 7 Jadi Smartphone Pertama yang Dibekali Android 13"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)