Chrome OS Kini Bisa Dipasang di PC dan Mac

Chrome OS Kini Bisa Dipasang di PC dan Mac

ADVERTISEMENT

Chrome OS Kini Bisa Dipasang di PC dan Mac

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Rabu, 16 Feb 2022 19:30 WIB
Chrome OS Flex
Foto: Dok. Google
Jakarta -

Google memperbarui dan merilis Chrome OS versi baru bernama Chrome OS Flex, yang bisa diinstal di PC dan Mac.

Chrome OS Flex ini didesain bukan untuk pengguna biasa, melainkan untuk perusahaan dan sekolah. Namun Google menjanjikan kalau instalasi Chrome OS Flex ini bisa diselesaikan dalam hitungan menit, baik itu di PC maupun Mac.

Meski bisa diinstal di berbagai platform, Google mengklaim kalau Chrome OS Flex punya tampilan dan pengalaman pengguna yang sama dengan Chrome OS di Chromebook. Pasalnya sistem operasi ini dibuat menggunakan basis yang sama.

Hanya saja Chrome OS Flex punya beberapa fitur yang ketersediaannya tergantung hardware yang dipakai. Salah satunya adalah Google Assistant yang 'always on' dan juga sinkronisasi dengan ponsel Android.

Sebenarnya, sebelum Google merilis Chrome OS Flex, sudah ada beberapa trik yang bisa dipakai untuk menginstal Chrome OS di perangkat selain Chromebook, salah satunya adalah menggunakan layanan Neverware, yang menjual aplikasi CloudReady, di mana pengguna bisa mengubah PC jadulnya menjadi sistem Chrome OS.

Nah, Neverware kini sudah diakuisisi oleh Google, dan setelah akuisisi tersebut Google mengaku akan mengusahakan untuk mengintegrasikan keunggulan CloudReady ke Chrome OS versi baru. Hal tersebut tampaknya yang kemudian menghasilkan Chrome OS Flex.

Tertarik untuk memasang Chrome OS Flex? Anda bisa mengunjungi situs Chrome Enterprise dan mengisi formulir untuk bisa menjajal sistem operasi tersebut.

Perlu diingat, sistem operasi ini masih berada dalam masa early access, jadi mungkin masih ada beberapa bug yang muncul. Namun untungnya, anda bisa melakukan booting ke Chrome OS Flex melalui flash disk, sebelum akhirnya menginstalnya ke storage internal perangkat.



Simak Video "Menperin Luncurkan Chromebook Produksi TSM Karya Anak Bangsa"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT