Rahasia Keunggulan Kamera Huawei P50 Pro

Rahasia Keunggulan Kamera Huawei P50 Pro

ADVERTISEMENT

Rahasia Keunggulan Kamera Huawei P50 Pro

Adi Fida Rahman - detikInet
Sabtu, 05 Feb 2022 08:33 WIB
Huawei P50 Pro
Foto: Huawei
Jakarta -

Huawei P50 Pro didaulat laman DxOMark sebagai ponsel berkamera terbaik saat ini. Apa rahasia kameranya hingga ponsel ini meraih poin yang begitu tinggi?

Huawei memperkenalkan sistem kamera Dual-Matrix pertama di Huawei P50 Pro. Kamera Utama pada Huawei P50 Pro dirakit dari dua lensa, yakni RGB dan monokrom, dipadukan dengan sensor multi-spektrum yang disesuaikan dengan kemajuan konsep AI-Raw, dan kamera periskop telefoto di sampingnya mampu melakukan zoom hingga 200 kali.

Sistem kamera Huawei P50 Pro memungkinkan warna RGB dan sensor monokrom untuk melakukan pemrosesan fusi dengan beberapa foto sekaligus pada level sinyal elektrik. Modul fusi dapat memanfaatkan kedua sensor sepenuhnya, terutama dengan menggunakan lebih banyak cahaya yang diambil melalui sensor monokrom dengan noise gambar yang lebih sedikit untuk mempertahankan keaslian warna.

Selain itu, Huawei P50 Pro juga memiliki skema warna khusus untuk fusi monokrom yang secara dinamis dapat memperbarui white balance dan koreksi warna pada foto, sehingga dapat meningkatkan fitur adaptasi scene foto yang lebih baik. Terintegrasi dengan mesin pemrosesan gambar dengan resolusi tinggi, Huawei P50 Pro dapat menghasilkan gambar yang lebih cerah dan mampu membidik objek dengan lebih banyak cahaya yang masuk, sehingga menghasilkan foto yang lebih jernih.

Terkait AI-Raw, inovasi ini guna meminimalisir perbedaan sudut pandang saat pembiasan cahaya. Ketika shutter ditekan, sensor akan mengambil beberapa foto untuk pemrosesan fusi yang bersamaan dengan proses detail gambar, sehingga meminimalisir hilangnya konversi sinyal elektrik penyebab foto kurang tajam.

Kamera utama Huawei P50 Pro diklaim dapat seketika menangkap sejumlah besar cahaya yang langsung diteruskan ke sensor semikonduktor untuk diubah menjadi sinyal elektrik. Proses ini dapat membuat hasil foto grup menggunakan kamera utama lebih jernih, dan bahkan tampak realistis secara tiga dimensi hingga tekstur kulitnya.

Selain pada foto grup, keuntungan dari tingginya cahaya yang masuk ke kamera utama HuaweiP50 Pro juga dapat dirasakan untuk pengambilan foto di malam hari.Kamera utama dapat mengubah cahaya yang ditangkap menjadi sinyal digital, yang kemudian dikirim ke NPU dan prosesor sinyal gambar (ISP) untuk diproses.

Dengan cara ini, kontras sinyal kecerahan dalam gambar lebih mendekati pemandangan yang sesungguhnya, dan tidak akan mudah mengalami kelebihan atau kekurangan cahaya. Lebih dari itu, perbedaan kecerahan juga dinilai akurat hingga tingkat piksel, tanpa mengkhawatirkan masalah yang disebabkan oleh peningkatan exposure atau sensitivitas.

Huawei P50 ProHuawei P50 Pro Foto: Huawei

Selain mengandalkan monokrom dan kamera utama untuk membuat detail pemotretan biasa menjadi lebih jelas, Huawei juga memanfaatkan fitur kolaborasi multi-kamera pada P50 Pro untuk memanfaatkan kombinasi kamera lainnya. Saat menggunakan telefoto atau bidikan sudut ultra lebar, kamera utama juga berkontribusi untuk menangkap lebih banyak gambar.

Untuk cahaya latar, kamera dengan fokus ganda dapat menangkap gambar dengan exposure berbeda pada saat yang sama, bahkan di lingkungan dengan cahaya latar sekalipun. Gambar beresolusi HD dengan cahaya latar memiliki toleransi yang lebih luas tanpa kehilangan kualitas eksposurenya dengan detail cahaya gelap.

Mesin algoritmik bekerja seperti sulap, memungkinkan smartphone dalam menciptakan kembali warna dunia nyata, tidak terikat oleh keterbatasan hardware maupun ketebalan perangkat, dan menghadirkan warna yang nyata dengan kualitas gambar yang tinggi bagi pengguna.

Huawei turut menerapkan pendekatan yang lebih terintegrasi yang tidak seperti kebanyakan industri smartphone lensa tunggal pada umumnya, menyatukan kemampuan dan kecanggihan beberapa lensa, sensor multi-spektrum 10-channel, Huawei XD Optics, mesin yang menghasilkan gambar dengan kualitas super tinggi, dan True-Chroma Image Engine untuk menciptakan solusi pencitraan gambar yang serbaguna yang dikemas dalam smartphone ini.



Simak Video "Huawei P50 Pro Meluncur di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT