7 Cara Memilih HP Xiaomi yang Sesuai dengan Kebutuhan dan Terjangkau

7 Cara Memilih HP Xiaomi yang Sesuai dengan Kebutuhan dan Terjangkau

Sponsored - detikInet
Senin, 24 Jan 2022 16:30 WIB
Ponsel Xiaomi
Foto: dok. Freepik
Jakarta -

Sebelum membeli ponsel atau HP idaman, ada banyak sekali pertimbangan yang harus dilakukan. Khususnya ketika membeli HP Xiaomi. Beberapa hal harus diperhatikan terlebih dahulu agar pemilihan ponsel bisa sesuai dengan kebutuhan.

Apalagi selama ini Xiaomi dikenal sebagai HP yang memiliki spesifikasi cukup mumpuni. Bahkan dengan harga yang sama dengan ponsel kompetitor, seseorang bisa mendapatkan spesifikasi yang lebih unggul sehingga secara umum ponsel tercanggih.

Apabila anda berkeinginan untuk membeli HP Xiaomi dengan jenis apapun, ada baiknya untuk menyimak beberapa cara atau tips di bawah ini.

1. Pilih Kelas Terlebih Dahulu

Hal pertama yang harus dilakukan ketika akan memilih HP Xiaomi adalah dengan memilih kelasnya terlebih dahulu. Beberapa orang menganggap jika HP Xiaomi merupakan salah satu merk yang hanya menyajikan ponsel dari kelas menengah ke bawah saja.

Padahal ada banyak sekali spesifikasi dari ponsel Xiaomi mulai dari kelas yang paling rendah hingga yang kelas paling atas atau sering disebut flagship. Jadi, pastikan terlebih dahulu akan membeli ponsel dengan kelas apa terlebih dahulu.

Apabila ingin ponsel dengan spesifikasi yang tinggi dan tidak kalah dengan kompetitor lainnya, ponsel flagship bisa dibeli karena menghadirkan jeroan (chipset) yang sangat mumpuni sehingga kualitas kamera yang tidak kalah dengan yang lain.

2. Cek Chipset Dahulu

Setelah mengetahui kriteria dari ponsel yang akan dibeli, ada baiknya untuk melakukan proses pengecekan terlebih dahulu pada chipset atau jeroan dari HP. Setiap ponsel memiliki spesifikasi yang berbeda-beda karena semakin tinggi chipset yang digunakan akan semakin mahal.

Tetapi di luar sana juga sering terjadi chipset yang digunakan standar tetapi harga ponselnya cukup tinggi. Salah satu cara untuk menyiasati hal itu adalah dengan mengecek satu persatu chipset yang digunakan.

Biasanya akan ada ulasan terkait dengan chipset yang dipakai. Semakin tinggi tingkatannya, akan semakin bermanfaat untuk berbagai aktivitas. Ponsel Xiaomi biasanya menggunakan chipset Snapdragon atau Mediatek.

3. Perhatikan RAM dan Memori Internal

Selalu perhatikan terlebih dahulu memori internal yang diberikan. Normalnya ponsel baru dengan spesifikasi menengah ke atas sudah memiliki memori internal 64GB ke atas. Selain itu ada juga yang sudah memiliki memori internal hingga 512 GB.

Apabila memperhatikan memori internal, cek juga apakah ponsel ini menggunakan slot memori tambahan atau tidak. Apabila anda sering menyimpan dan kemungkinan akan membutuhkan memori yang lebih besar lagi slot untuk SD card ini wajib ada.

Selain itu perhatikan juga RAM yang digunakan. Semakin tinggi tingkat RAM yang dimiliki maka kecepatan akses juga semakin baik. Itulah kenapa ponsel yang akan dibeli paling tidak sudah memiliki RAM 4GB. Apabila ponsel akan dibeli sudah memiliki RAM 6 GB atau 8 GB, akan lebih baik lagi.

4. Jangan Lupakan Kamera

Jangan pernah melupakan kamera yang dimiliki oleh ponsel Xiaomi meski secara garis besar akan kalah saing dengan Samsung ataupun iPhone. Tapi, untuk beberapa jenis ponsel kamera yang digunakan sudah cukup mumpuni.

Pahami kamera yang digunakan termasuk fungsi yang akan diberikan. Cek pada bagian resolusi hingga kemampuan perekaman video. Apabila sudah sesuai bisa digunakan sebagai pertimbangan.

5. Ketahui Baterai yang Digunakan

Baterai yang besar juga bisa digunakan sebagai pertimbangan sebelum memutuskan untuk membeli. Apabila baterai yang digunakan memiliki daya cukup tinggi serta memiliki kemampuan untuk pengisian cepat, anda bisa mempertimbangkannya.

6. Fitur Tambahan yang Ditawarkan

Selanjutnya anda juga harus memperhatikan beberapa fitur tambahan yang diberikan. Fitur tambahan ini bisa digunakan untuk melengkapi berbagai jenis spesifikasi yang sudah dibahas sebelumnya.

Beberapa fitur tambahan yang mungkin bisa digunakan sebagai pertimbangan sebelum membeli HP Xiaomi adalah adanya sensor NFC. Sensor ini cukup menguntungkan karena akan digunakan sebagai alat pembayaran di masa depan.

Selain itu, apabila sudah ada fitur jaringan 5G akan lebih baik lagi. Di Indonesia belum ada jaringan ini secara menyeluruh, tetapi dalam beberapa tahun ke depan kemungkinan besar sudah mulai diterapkan.

7. Harga yang Dibanderol

Hal terakhir yang bisa dijadikan pertimbangan ketika akan membeli ponsel ini secara langsung atau di platform digital seperti Blibli adalah harga yang ditawarkan. Biasanya setiap ponsel memiliki harga jual yang sama karena sudah diatur oleh pihak pemilik merek atau distributor.

Tetapi terkadang pada marketplace sering terjadi kenaikan atau penurunan harga. Jadi pastikan untuk memilih harga yang paling murah dibandingkan dengan yang lain tetapi produk yang dijual memang resmi dan bergaransi.

Dengan melakukan ini budget yang dipakai untuk membeli ponsel bisa ditekan. Tetapi anda masih bisa mendapatkan ponsel dengan spesifikasi yang bagus sehingga bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan mulai dari hiburan sampai bekerja.

HP Xiaomi merupakan salah satu merk unggulan yang ada saat ini, meski sering dipandang sebelah mata oleh banyak orang. Padahal secara kualitas tidak perlu diragukan lagi karena menawarkan gadget yang kamera hingga chipset-nya berkualitas.

Jadi ketika ingin membeli HP Xiaomi lebih baik memikirkan segala jenis aspek seperti yang sudah dikasih apa. Dengan begitu kamu bisa memilih salah satu jenis ponsel yang paling sesuai dengan kebutuhan. Selain itu masih tetap mendapatkan harga yang terjangkau.



Simak Video "Pasang Iklan Murah dan Mudah? Adsmart by detiknetwork Aja!"
[Gambas:Video 20detik]
(Content Promotion/Global Digital Raya)