5 Keunggulan Xiaomi 12 Pro yang Segera Hadir di Indonesia

5 Keunggulan Xiaomi 12 Pro yang Segera Hadir di Indonesia

Adi Fida Rahman - detikInet
Rabu, 19 Jan 2022 20:44 WIB
Xiaomi 12 Pro
Xiaomi 12 Pro. Foto: Xiaomi
Jakarta -

Xiaomi 12 Pro telah resmi diumumkan akhir Desember 2021 di China. Kemungkinan besar ponsel ini akan segera hadir di Indonesia dalam waktu dekat.

Prediksi ini muncul setelah Xiaomi 12 dan 12 Pro di situs TKDN Kementerian Perindustrian. Perangkat penerus Xiaomi Mi 11 ini sudah mendapat restu dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dengan ditandai rampungnya pengujian yang dilakukan Ditjen SDDPI.

Namun Xiaomi Indonesia sampai saat ini belum mengumumkan kapan ponsel flasghipnya itu akan diumumkan. Sembari menunggu, berikut sejumlah daya tarik Xiaomi 12 sehingga ponsel ini patut ditunggu kehadirannya di Tanah Air.

5 Keunggulan Xiaomi 12 Pro

1. Layar

Dulu, layar ponsel Xiaomi bisa dibilang biasa-biasa saja. Namun semua berubah sejak dua tahun lalu, perusahaan besutan Lei Jun ini berusaha mengejar ketertinggalan dari pesaing.

Hasilnya mereka perlihatkan di Mi 10 yang diluncurkan secara global di awal 2020. Layar ponsel ini mendapat pujian karena kualitasnya jauh di atas jajaran ponsel Xiaomi yang dibuat sebelumnya.

Xiaomi 12 ProXiaomi 12 Pro Foto: Xiaomi

Tapi Xiaomi tidak bisa puas diri, sebab mereka belum mengantongi skor A+ dari Display Mate. Nilai tersebut kerap dijadikan acuan kualitas layar terbaik di perangkat ponsel, tablet atau televisi.

Mi 11 yang dirilis tahun lalu berhasil mencapainya. Tak berhenti di situ, Xiaomi terus berupaya meningkatkan kualitas layar ponselnya.

Upaya tersebut bisa dilihat dari Xiaomi 12 Pro yang kembali mendapatkan peringkat A+ dari Display Mate. Ponsel ini bahkan memecahkan 15 rekor baru.

Tapi bukan itu yang jadi pertimbangkan saat membeli Xiaomi 12 Pro. Ponsel ini menggunakan teknologi LTPO generasi kedua yang merupakan satu-satunya layar refresh rate dinamis yang dapat menandingi ProMotion Apple.

2. Kamera

Xiaomi 12 Pro jadi ponsel pertama yang mengusung sensor terbaru Sony IMX707 dengan resolusi 50 MP dengan ukuran 1/2.8. Ukuran pixel-nya sendiri 1.22μm yang mendukung pixel binning 4-in-1 sehingga bisa menciptakan pixel 2.44μm untuk foto low-light yang lebih bagus.

Kamera utama ini disandingkan dengan kamera ultrawide 50 MP dengan sensor JN1 dan lensa telephoto 5 MP dengan optical zoom 2x.

Xiaomi 12 ProXiaomi 12 Pro Foto: Xiaomi

Selain hardware yang canggih, Xiaomi juga menyertakan software untuk mendukung fitur fotografi yang ditawarkan. Misalnya, Xiaomi 12 Pro dibekali dengan fitur CyberFocus yang memiliki kemampuan pelacakan visual cerdas yang isa mengidentifikasi mata dan sosok manusia serta hewan peliharaan untuk fokus yang stabil dan akurat.

Xiaomi juga memiliki sistem baru bernama 'Image Brain' yang disematkan di kamera Xiaomi 12 dan 12 Pro yang menjanjikan pemrosesan gambar yang lebih cepat dan bisa mengambil foto objek yang bergerak dengan lebih baik. Selain itu ada algoritma night mode baru yang bisa menangkap lebih banyak cahaya di area yang remang-remang sambil menjaga tingkat noise tetap terkendali.

3. Fast Charging 120W

Xiaomi 11T Pro jadi ponsel pertama di Indonesia yang membawa fast charging 120W. Teknologi ini kembali disematkan pada Xiaomi 12 Pro.

Bedanya, Xiaomi menggunakan arsitektur teknis baru dan menerapkan solusi sel tunggal melalui chip P1 yang dikembangkan sendiri. Dengan kata lain, kapasitas baterai dari solusi sel tunggal dapat ditingkatkan sebesar 400mAh di bawah ruang volume yang sama seperti sebelumnya.

Xiaomi 12 Pro tersemat baterai 4.600mAh. Dengan fast charging 120W menjanjikan penuh dalam 18 menit. Diberikan pula dukungan pengisian cepat wireless 50W yang mengisi bateri hingga penuh dalam 42 menit.

Selanjutnya: Performa >>>

Tonton juga Video: Xiaomi 11T Pro, Smartphone Gahar 6 Juta

[Gambas:Video 20detik]