Update Android vs iOS, Mana yang Bikin Pengguna Lebih Bahagia?

Update Android vs iOS, Mana yang Bikin Pengguna Lebih Bahagia?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 18 Jan 2022 11:45 WIB
iOS 15
Update Android vs iOS, Mana yang Bikin Pengguna Lebih Bahagia? Foto: PhoneArena
Jakarta -

Salah satu hal yang membedakan pengguna Android dan iOS adalah update sistem operasi. Pengguna Android biasanya menerima lebih sedikit update ketimbang pengguna iOS, selain itu pengguna iOS juga mendapatkan dukungan lebih lama bahkan hingga lima tahun.

Tapi apa sebenarnya yang dirasakan pengguna tentang update software yang mereka terima? Itulah yang coba dicari tahu oleh survei Router Network yang menyasar 1.000 pengguna smartphone, seperti dikutip dari Android Authority, Senin (17/1/2022).

Secara keseluruhan, Router Network menemukan bahwa pengguna Android lebih senang menyambut update sistem operasi, sedangkan pengguna iOS tidak begitu bersemangat. Sebagian besar pengguna iOS bahkan tidak ingin cepat-cepat memperbarui OS di ponselnya jika dibandingkan dengan pengguna Android.

46% responden mengatakan mereka langsung memperbarui sistem operasi ponselnya setelah mendapatkan notifikasi. Jika dibagi per sistem operasi, 47% pengguna Android mengaku akan langsung update, sementara pengguna iOS sebesar 43%.

Diagram di bawah ini menunjukkan bagaimana pengguna Android lebih cenderung menjalankan sistem operasi terbaru di ponsel mereka. 67% pengguna Android juga mengaku mendapatkan pengalaman lebih menyenangkan setelah update OS terbaru ketimbang pengguna iOS (56%).

Survei pengguna Android dan iOSSurvei pengguna Android dan iOS Foto: dok. Router Network

Update sistem operasi secara berkala juga penting untuk menjaga performa dan keamanan ponsel. Sebagian besar pengguna mengaku langsung merasakan manfaat itu seperti membuat ponsel berfungsi normal (33%), terlindungi dari ancaman keamanan (32%), dan meningkatkan kecepatan (31%).

Menariknya, semua pengguna yang menjadi target survei menggunakan iPhone atau Samsung Galaxy S. Karena survei ini dilakukan di Amerika Serikat, hal ini sebenarnya cukup masuk akal.

Laporan survei Router Networks juga memiliki beberapa temuan yang menarik. Misalnya, 98% pengguna Samsung Galaxy S21 sudah memasang OS Android terbaru di ponselnya, sementara itu hanya 91% pengguna iPhone 13 yang memiliki iOS versi terbaru.

Tentu saja ada beberapa temuan yang tidak mengejutkan. Salah satunya, generasi baby boomer cenderung tidak memiliki sistem operasi terbaru di perangkatnya. Kebalikannya, Gen Z justru cenderung lebih rajin menginstal update OS terbaru.



Simak Video "Kemampuan Mengemudi Pengguna Android dan iPhone Dibandingkan, Mana Lebih Baik?"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)