Siap-siap! Galaxy A52 dan A72 Dapat Update One UI 4.0 Android 12

Siap-siap! Galaxy A52 dan A72 Dapat Update One UI 4.0 Android 12

Adi Fida Rahman - detikInet
Jumat, 07 Jan 2022 08:58 WIB
Galaxy A52
Galaxy A52 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Setelah memberikan pembaruan di perangkat flagship, Samsung mulai menggulirkan update One UI ke perangkat menengahnya. Galaxy A52 dan A72 menjadi dua ponsel yang segera mendapatkan pembaruan berbasis Android 12 itu.

Hal itu diungkap oleh laman Sammobile. Mereka mendapati keberadaan firmware untuk Galaxy A72 dan A52, yakni A725FXXU4BULA serta A525FXXU4BUL8,

Saat ini update tersebut baru tersedia di Rusia saja. Namun setidaknya keberadaan firmware ini memastikan update One UI 4.0 sudah tersedia untuk dua ponsel tersebut.

Pengguna hanya tinggal menunggu saja kapan Samsung mengirimkan ke negaranya masing-masing. Rasanya tidak akan terlalu lama dari sekarang.

Update sendiri akan dikirimkan Samsung melalui over-the-air (OTA). Biasanya Samsung akan mengirimkan notifikasi bilamana update sudah tersedia untuk pengguna.

Atau dapat pula rajin memeriksa di Galaxy A52 atau A72 yang digunakan. Caranya buka Settings > Software Update.

Setelah tersedia ada baiknya melakukan proses update menggunakan koneksi WiFi karena file yang harus didownload berukuran besar. Selain itu pastikan baterai terisi minimal 50% atau dapat sembari mencolokkan ke daya.

One UI 4One UI 4 Foto: Samsung

Fitur Baru di One UI 4

1. Ekspresikan Kepribadian Pengguna

One UI 4 memungkinkan pengguna mengekspresikan kepribadiannya masing-masing. Dengan berbagai macam Color Palettes terbaru untuk dipilih, Anda dapat mengubah tampilan dan merasakan perubahannya mulai dari home screen hingga ikon, menu, tombol, dan background.

User Interface One UI 4 menghadirkan interaksi yang disederhanakan serta desain yang bersih dan elegan. Pengguna mendapatkan opsi penyesuaian di setiap
kesempatan.

One UI 4Widget di One UI 4 Foto: Samsung

Terdapat widget yang dirancang ulang dan menawarkan penyesuaian lebih dalam, mulai dari visibilitas hingga tampilan. Kita bahkan dapat meletakkan widget penting di Lock screen seperti kalender atau voice recorde. Sehingga ketika dibutuhkan bisa langsung digunakan tanpa perlu membuka lock screen.

2. Emoji

Samsung memberikan rangkaian emoji yang lebih menarik dan beragam di satu tempat, sehingga pengguna dapat dengan mudah melakukan konfigurasi pilihan untuk menikmati pengalaman komunikasi yang lebih seru.

Jika satu emoji masih kurang, pengguna juga dapat menggabungkan dua emoji ke dalam satu animasi untuk benar-benar mengekspresikan perasaan saat itu. Ekspresikan diri dengan lebih banyak variasi fitur emoji, GIF, dan stiker yang tersedia langsung dari keyboard.

One UI 4Emoji di One UI 4 Foto: Samsung

3. Privasi

Lewat One UI 4, Samsung menghadirkan peningkatan fitur privasi dan keamanan terbaru. Sehingga pengguna dapat memilih apa saja yang ingin
dibagikan atau rahasiakan.

Dengan One UI 4, memonitor dan mengontrol pengaturan privasi menjadi lebih mudah, seperti memberikan peringatan saat aplikasi mencoba
mengakses kamera atau mikrofon.

Tersedia dashboard privasi baru yang meletakkan semua pengaturan dan kontrol ke satu tempat yang nyaman dipantau. Sehingga pengguna dapat memblokir sementara akses kamera dan mikrofon ke semua aplikasi dengan mudah.

One UI 4One UI 4 Foto: Samsung

One UI 4 juga memanfaatkan perluasan pada opsi izin Android 12, memungkinkan pengguna untuk melihat riwayat hal-hal yang mereka izinkan dalam tujuh hari terakhir, bukan hanya 24 jam terakhir.

Pengguna juga dapat memeriksa penggunaan data saat ini dari hal-hal yang diizinkan dan aplikasi yang digunakan.


4. Ekosistem

One UI 4 membantu pengguna memaksimalkan ekosistem luas yang mencakup rangkaian perangkat Samsung hingga aplikasi pihak ketiga, menyajikan pengalaman mobile yang lebih mantap.

Kerja sama Samsung dengan pemimpin industri lainnya, seperti Google, memastikan pengalaman yang seamless saat menggunakan aplikasi dan layanan pihak ketiga favorit pengguna. Dan baik saat menggunakan Galaxy Fold, Galaxy Watch, maupun Galaxy Tab, pengguna akan mendapatkan tampilan dan nuansa yang senada di seluruh perangkat, dan bisa melakukan sinkronisasi antar perangkat dengan mulus.



Simak Video "Deretan Ponsel yang Bisa Install Android 12"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)