Xiaomi 12 Dirilis, Lei Jun Pede Libas Apple

Xiaomi 12 Dirilis, Lei Jun Pede Libas Apple

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 31 Des 2021 08:45 WIB
Xiaomi 12 Pro
Xiaomi 12 Pro. Foto: Xiaomi
Jakarta -

Bersamaan dengan rilis Xiaomi 12, pendiri Xiaomi Lei Jun punya ambisi besar. Ia percaya diri perusahaannya akan melampaui Apple, khususnya dalam penjualan di segmen smartphone papan atas high end.

Jika melihat keseluruhan pasar, Xiaomi menurut beberapa biro riset memang kadang sudah menyalip Apple sebagai vendor terbesar di dunia, di bawah Samsung. Namun hal itu belum terjadi di segmen high end.

"Xiaomi secara 'resmi' mengawasi Apple, belajar dari Apple, dan kemudian, akan melampaui Apple selangkah demi selangkah di masa depan," katanya saat peluncuran Xiaomi 12, seperti dikutip detikINET dari Global Times.

Xiaomi telah memperkenalkan beberapa model smartphone premium sebelum Xiaomi 12 ini. Namun patut diakui bahwa masih ada jarak besar dari sisi popularitas di sektor kelas atas jika dibandingkan dengan iPhone.

Contohnya saja di kandang Xiaomi, China. Di Negeri Tirai Bambu itu, pada periode Januari sampai Agustus tahun ini, pangsa pasar Apple pada segmen high end tembus hingga 67%.

Pada bulan Oktober seiring diperkenalkannya iPhone 13, market share Apple pun makin melambung. Xiaomi memang dinilai harus bekerja keras jika ingin melampaui Apple, khususnya dari sisi persepsi mereknya.

Xiaomi 12 sendiri terdiri dari dua varian, yang tertinggi adalah Xiaomi 12 Pro. Keduanya memakai prosesor bertenaga dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 8 Gen 1.

Xiaomi 12 dan 12 Pro hadir dalam balutan warna hitam, biru, ungu dengan bagian belakang bermaterialkan kaca. Selain itu ada lapisan kulit vegan berwarna hijau.

Xiaomi 12 ini mulai dijual di China mulai 31 Desember mendatang dan mungkin akan segera menyambangi negara-negara lainnya dalam waktu dekat.

(fyk/afr)