Acer Aspire Vero, Produktif dan Tetap Ramah Lingkungan

Acer Aspire Vero, Produktif dan Tetap Ramah Lingkungan

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 21 Des 2021 10:59 WIB
Acer Aspire Vero
Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati
Jakarta -

Biasanya faktor yang diperhatikan saat memilih laptop adalah spesifikasi, harga, dan desain. Namun kini mulai ada beberapa pabrikan laptop yang memproduksi perangkat yang ramah lingkungan.

Salah satunya adalah Acer lewat lini Aspire Vero, yang merupakan laptop ramah lingkungan dengan material plastik daur ulang. Seri ini ditujukan oleh Acer untuk pengguna yang memiliki kesadaran tinggi atas lingkungannya.

Material Plastik Daur Ulang Post-Consumer Recycled (PCR)
Acer Aspire Vero menggunakan material plastik daur ulang atau yang disebut post-consumer recycled disingkat PCR. Material ini menjadi primadona yang akan sering ditemui pada perangkat Acer Aspire Vero.

Acer Aspire VeroAcer Aspire Vero Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Pada bagian rangka Acer Aspire Vero menggunakan plastik PCR dengan komposisi sebanyak 30%, sementara bagian keyboard menggunakan plastik PCR dengan komposisi 50%. Penggunaan material daur ulang pada komponen ini dapat menghemat emisi karbon sebesar 21% saat proses produksi dibandingkan penggunaan material dari bibit plastik baru.

Acer Aspire Vero tampil dengan warna abu natural yang disebut Volcano Grey, dan yang spesial dari warna tersebut adalah absennya penggunaan cat atau pewarna tambahan. Hal ini dilakukan untuk mengurangi dampak negatif dari senyawa organik volatil atau volatile organic compounds (VOCs) yang dihasilkan oleh penggunaan cat pada proses produksi perangkat. Hal ini memberikan karakteristik unik pada pola bintik warna kuning Aspire Vero yang berbeda-beda di setiap perangkat.

Acer Aspire VeroAcer Aspire Vero Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Kemasan Daur Ulang dan Multifungsi
Aspire Vero tak cuma ramah lingkungan pada produknya, melainkan pada kemasannya. Boks Aspire Vero terbuat dari 85% kertas daur ulang, kantong laptop terbuat dari 100% PET daur ulang, dan kardus kemasan dapat dialihfungsikan menjadi notebook stand. Alih fungsi produk seperti ini memenuhi salah satu prinsip ramah lingkungan yaitu reuse atau penggunaan kembali.

Halaman selanjutnya: Spesifikasi dan harga >>>