Oppo Umumkan NPU MariSilicon X, Akan Hadir di Find X Series

Oppo Umumkan NPU MariSilicon X, Akan Hadir di Find X Series

ADVERTISEMENT

Oppo Umumkan NPU MariSilicon X, Akan Hadir di Find X Series

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 14 Des 2021 21:50 WIB
NPU MariSilicon X
Oppo Umumkan NPU MariSilicon X, Akan Hadir di Oppo Find X Series Foto: dok. Oppo
Jakarta -

Oppo mengenalkan chip custom terbarunya di gelaran Oppo INNO Day 2021. Chip ini bukanlah SoC seperti Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1, melainkan neural processing unit (NPU) bernama MariSilicon X.

Fungsi utama NPU adalah untuk meningkatkan kualitas foto dan video yang dihasilkan oleh ponsel. Senior Director Oppo Jiang Bo mengatakan NPU MariSilicon X dibuat dengan menggabungkan image signal processing (ISP) dengan arsitektur memori multi-way yang mutakhir.

Dengan teknologi ini, NPU bisa menjalankan algoritma pemrosesan dengan lebih cepat dan efisien. NPU MariSilicon X sendiri bisa memproses 18 triliun operasi per detik (TOPS) dengan efisiensi daya 11,6 TOPS per watt.

Jiang mencontohkan, algoritma AI noise reduction yang ada di Oppo Find X3 Pro terbatas pada 2 fps dan membutuhkan daya 1.693 mW. Menggunakan MariSilicon X, algoritma itu bisa dijalankan hingga 40 fps dengan daya 797 mW.

"Ini setara dengan peningkatan hingga 20 kali lipat dalam pemrosesan AI 4K, menjadikannya terobosan dari segi daya dan efisiensi," kata Jiang, dalam acara Oppo INNO Day 2021, Selasa (14/12/2021).

Secara keseluruhan, MariSilicon X mendukung pengambilan foto dengan kualitas 20 bit, 120 db dynamic range, dan menawarkan pemrosesan RAW real-time di video 4K.

Selain itu, AI juga bisa menggunakan algoritma yang berbeda untuk mengurangi noise, mereproduksi warna dengan lebih baik, meningkatkan dynamic range, meningkatkan kualitas foto dan video minim cahaya, dan lain-lain.

NPU MariSilicon XNPU MariSilicon X Foto: dok. Oppo

NPU ini juga disandingkan dengan memori DDR khusus dengan bandwidth 8,5GB/detik. Dengan menggunakan memori khusus ini NPU tidak perlu bergantung dengan memori sistem yang kadang memperlambat waktu pemrosesan.

MariSilicon X akan debut pada kuartal pertama tahun 2022. Chip ini akan menjadi bagian dari Oppo Find X series yang menjanjikan pengalaman fotografi paling canggih.



Simak Video "Melihat Langsung Proses Produksi Oppo Smartphone di Pabriknya"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT