Oppo Perkenalkan Kacamata Pintar Oppo Air Glass

Oppo Perkenalkan Kacamata Pintar Oppo Air Glass

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 14 Des 2021 21:31 WIB
Oppo Air Glass
Oppo Perkenalkan Kacamata Pintar Oppo Air Glass Foto: Screenshot detikINET
Jakarta -

Oppo mengenalkan dua inovasi teknologi terbarunya di hari pertama Oppo INNO Day 2021. Salah satu perangkat yang mereka umumkan di event ini adalah kacamata pintar Oppo Air Glass yang bisa dikontrol menggunakan gestur, suara, sentuhan, dan gerakan.

Kacamata assisted reality (AR) ini memiliki desain yang cukup unik dan berbeda dari kacamata pintar yang sudah ada di pasaran. Director XR Technology Oppo Xu Yi mengatakan desain kacamata ini terinspirasi oleh bulu.

"Desain bodi utamanya terinspirasi dari bulu: ringan, gesit, dan melengkung. Dengan touch bar yang sangat tipis, ini terlihat seperti batang bulu," kata Xu dalam acara Oppo INNO Day 2021, Selasa (14/12/2021).

Jika kebanyakan kacamata pintar menggunakan lensa berbentuk bulat atau kotak, Oppo mengusung desain ala sayap jangkrik di lensa Air Glass. Secara keseluruhan, bobot kacamata ini hanya 30 gram.

Untuk menampilkan konten di lensa, Oppo mengandalkan proyektor buatannya sendiri bernama Spark Micro Projector yang diklaim sebagai proyektor terkecil di dunia. Modul proyektor ini memiliki volume 0,5 cc atau setara dengan satu biji kopi.

Oppo Air GlassOppo Air Glass Foto: Screenshot detikINET

Sementara itu panel layarnya menggunakan micro LED yang bisa mencapai tingkat kecerahan hingga 3 juta nits. Area display Oppo Air Glass juga dilapisi oleh kaca sapphire untuk meningkatkan transparansi dan ketangguhannya.

Kacamata ini bisa dioperasikan menggunakan gagang yang ada di bagian kanannya. Gagang ini diisi oleh touch bar, baterai, Wi-Fi, Bluetooth, speaker, dual mikrofon, dan Snapdragon 4100 Wear yang menjadi otaknya.

Fungsi utama Oppo Air Glass adalah menjadi perangkat pelengkap dari ponsel dan jam tangan pintar. Pengguna bisa menghubungkan kacamata ini dengan ponsel Oppo dan mengakses informasi dan notifikasi langsung dari kacamata.

Beberapa fungsi yang ditawarkan misalnya membuka aplikasi, membaca pesan yang masuk, mengecek cuaca, kalendar, mengatur kecerahan dan volume, menampilkan navigasi, dan lain-lain. Oppo juga menyematkan fitur Teleprompter yang bisa menampilkan pidato di layar.

Oppo Air GlassOppo Air Glass Foto: Screenshot detikINET

Fitur jagoan Oppo Air Glass adalah Translation. Dengan fitur ini, dua orang yang menggunakan Oppo Air Glass tetap bisa berkomunikasi meski menggunakan dua bahasa yang berbeda.

"Suaranya akan diubah menjadi teks, yang kemudian diterjemahkan dan ditampilkan sesuai dengan bahasa pilihan Anda," jelas Xu.

Saat ini fitur Translation di Oppo Air Glass hanya mendukung bahasa China dan Inggris, dengan dukungan untuk bahasa Jepang dan Korea akan menyusul kemudian.

Oppo Air Glass tersedia dalam dua pilihan warna yaitu hitam dan putih. Pengguna bisa memilih antara dua model yang ditawarkan, full-frame atau half-frame. Oppo Air Glass akan mulai dijual di China Daratan pada kuartal pertama tahun 2022.



Simak Video "Melihat Inovasi Gadget dari Oppo di INNO Day Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)