Google Bakal Boyong Game Android ke Windows

Google Bakal Boyong Game Android ke Windows

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Sabtu, 11 Des 2021 13:35 WIB
Ilustrasi google play store, Ilustrasi play store
Foto: Dok. detikINET
Jakarta -

Google punya rencana besar pada 2022 mendatang, yaitu memboyong game Android ke Windows, termasuk aplikasi Google Play Games.

Play Games ini bakal menjadi 'jembatan' untuk menghadirkan game Android ke Windows, baik itu laptop, tablet, ataupun desktop PC, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Sabtu (11/12/2021).

"Mulai 2022, pemain akan bisa menikmati game favorit mereka dari Google Play di lebih banyak perangkat: juga berpindah secara mulus dari ponsel, tablet, Chromebook, dan dalam waktu dekat, PC Windows," ujar Greg Hartrell, Product Director of Games Android and Google Play.

"Produk bikinan Google ini akan membawa kehebatan Google Play Games ke laptop dan desktop, dan kami tak sabar untuk memperluas platform kami untuk para pemain agar bisa lebih menikmati game Android," tambahnya.

Menurut juru bicara Google Alex Garcia-Kummert, mereka membangun sendiri aplikasi yang membolehkan game Android dimainkan di Windows, yang artinya mereka tidak bekerja sama dengan pembuat aplikasi emulator seperti BlueStacks dan sejenisnya.

Aplikasi ini, seperti yang dipamerkan Google di The Game Awards, juga membuat pemain bisa melanjutkan permainan yang sebelumnya dimainkan di perangkat mobile ke PC.

Lalu perilisannya akan terjadi pada 2022, dan sejauh ini belum jelas teknologi apa yang bakal dipakai Google untuk mengemulasi aplikasi Android di Windows, namun yang jelas gamenya akan dimainkan secara lokal, alias bukan melalui streaming dari cloud.

"Ini akan menjadi aplikasi asli Windows yang didistribusikan oleh Google, dan mendukung Windows 10 ke atas. Ini tidak akan melibatkan streaming game," jelas Hartrell, yang juga menyatakan tak akan bergantung pada integrasi spesial antara aplikasi Android dengan Windows 11.

Pengumuman Google ini datang beberapa bulan setelah Microsoft mulai menjajal aplikasi Android di Windows 11. Microsoft menggunakan Windows Subsystem for Android, yang bisa menjalankan aplikasi Android dari berbagai sumber.

Microsoft bekerja sama dengan Amazon untuk menghadirkan fitur tersebut, yang artinya hanya sedikit aplikasi dan game Android yang tersedia di Windows 11. Celah itulah yang mungkin diincar oleh Google dan beberapa penyedia emulator Android seperti BlueStacks dan lainnya.



Simak Video "Google Pixel 7 Jadi Smartphone Pertama yang Dibekali Android 13"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)