Xiaomi 12 Akan Jadi HP Pertama yang Usung Snapdragon 8 Gen 1

Xiaomi 12 Akan Jadi HP Pertama yang Usung Snapdragon 8 Gen 1

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 01 Des 2021 14:46 WIB
Snapdrgaon 8 Gen 1
Xiaomi 12 Akan Jadi HP Pertama yang Usung Snapdragon 8 Gen 1 Foto: Qualcomm
Jakarta -

Qualcomm baru saja meluncurkan chipset flagship terbarunya, Snapdragon 8 Gen 1. Mereka juga mengumumkan daftar vendor ponsel yang akan menggunakan chipset terbaru ini, salah satunya adalah Xiaomi.

Xiaomi kemudian mengonfirmasi bahwa ponsel flagship terbarunya, Xiaomi 12, akan menjadi ponsel pertama yang menggunakan Snapdragon 8 Gen 1. Hal ini diumumkan langsung oleh pendiri dan CEO Xiaomi Lei Jun saat berbicara di event Qualcomm Snapdragon Tech Summit 2021.

Jun tidak mengungkap informasi lainnya tentang Xiaomi 12, termasuk desain dan spesifikasinya. Tapi ia mengatakan ponsel ini akan tersedia dalam waktu dekat.

Belum diketahui kapan Xiaomi 12 akan dikenalkan secara resmi, tapi Xiaomi harus bergerak cepat jika ingin ponselnya jadi yang pertama meluncur dengan Snapdragon 8 Gen 1.

Pasalnya, Morotola sudah mengonfirmasi akan meluncurkan ponsel flagship Moto Edge X30 di China pada 9 Desember mendatang. Ponsel ini juga akan menggunakan Snapdragon 8 Gen 1.

Dalam postingan Xiaomi di Twitter, vendor asal China juga memperlihatkan video teaser yang mengonfirmasi bahwa Xiaomi 12 sudah memasuki fase produksi massal.

Selain Xiaomi, vendor lainnya yang akan meluncurkan ponsel dengan Snapdragon 8 Gen 1 termasuk Black Shark, Honor, Motorola, Nubia, OnePlus, Oppo, Realme, Sharp, Sony, Vivo dan ZTE, seperti dikutip dari Gizmochina, Rabu (1/12/2021).

Menariknya nama Samsung absen dari daftar ini. Padahal Samsung Galaxy S22 yang kabarnya meluncur awal tahun 2022 diprediksi akan menggunakan Snapdragon 8 Gen 1 di beberapa wilayah.

Snapdragon 8 Gen 1 merupakan chipset pertama Qualcomm yang dibuat menggunakan fabrikasi 4nm. Inti utamanya Cortex-X2 yang berjalan pada 3.0GHz. Lalu ada tiga core Cortex-A710 dengan kecepatan 2,5GHz, serta empat core Cortex A510 berkecepatan 1,8 GHz.

Qualcomm mengklaim kinerja CPU mengalami peningkatan 20% dan mampu melakukan penghematan daya sebanyak 30% dibandingkan Snapdragon 888. Perusahaan chip asal San Diego itu menjanjikan peningkatan grafis hingga 30% dan efisiensi daya 25%.



Simak Video "Bocoran Ponsel Anyar Xiaomi yang Akan Meluncur di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)