MediaTek Pentonic 2000, Chip untuk TV 8K/120Hz

MediaTek Pentonic 2000, Chip untuk TV 8K/120Hz

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Senin, 22 Nov 2021 17:42 WIB
MediaTek Pentonic 2000
Foto: Dok. MediaTek
Jakarta -

Setelah merilis Dimensity 9000, MediaTek masih merilis chip lainnya, yaitu Pentonic 2000 yang merupakan chip flagship untuk televisi.

Pentonic 2000 diklaim sebagai chip untuk TV pertama di dunia yang menggunakan proses 7nm. Chip ini diproduksi TSMC, dan juga jadi chip TV pertama yang mendukung Versatile Video Coding (VVC) untuk H.266.

VVC adalah codec baru yang diklaim punya efisiensi kompresi lebih baik dibanding codec yang ada sebelumnya. Namun Pentonic 2000 juga mendukung codec lain yang lebih populer, seperti HEVC, VP9, dan VS3, serta AV1 yang diterapkan oleh Netflix.

Saking kencangnya, Pentonic 2000 bisa dipakai untuk TV dengan resolusi 8K dan refresh rate 120Hz, juga mendukung MEMC. Bahkan refresh rate 144Hz pun didukung untuk penggunaan dengan PC.

"Chip Pentonic 2000 baru dirancang dengan semua fitur unggulan yang dinginkan konsumen - mulai dari tampilan dan teknologi audio terbaru hingga kecepatan refresh super cepat, kemampuan AI yang kuat, fitur picture-in-picture streaming, dan masih banyak lagi," ujar Dr. Mike Chang, Corporate Vice President dan General Manager Divisi Smart Home Business Group di MediaTek, dalam keterangan yang diterima detikINET, Senin (22/11/2021).

Selain itu chipnya juga mendukung upscalling untuk konten bukan 8K agar bisa memanfaatkan resolusi 8K-nya secara maksimal. Menurut MediaTek, fitur upscalling ini berdasarkan AI sehingga lebih efisien.

Chip dengan performa tinggi MediaTek APU (prosesor AI) mendukung teknologi 8K AI-Super Resolution baru dari MediaTek yang secara cerdas meningkatkan konten beresolusi lebih rendah ke resolusi asli layar, sekaligus melakukan peningkatan kualitas gambar secara real-time.

Lalu Pentonic 2000 juga mendukung storage UFS 3.0 layaknya ponsel kekinian agar performanya lebih kencang ketimbang eMMC yang banyak dipakai di TV saat ini. Lalu soal konektivitas, chipnya juga mendukung WiFi 6E dan bahkan bisa ditambahkan modem 5G.



Simak Video "Melihat Eksperimen Pengujian Sampel Omicron di Inggris"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)