iPhone 14 Pro Dirumorkan Akan Pakai USB-C

iPhone 14 Pro Dirumorkan Akan Pakai USB-C

Virgina Maulita Putri - detikInet
Minggu, 21 Nov 2021 07:30 WIB
Jakarta -

Rumor soal iPhone dengan USB-C tidak pernah berhenti berhembus. Kali ini giliran iPhone 14 Pro yang dikabarkan akan menggantikan port Lightning dengan USB-C.

Kabar ini datang dari tipster bernama LeaksApplePro dalam artikelnya untuk iDropNews. Ia mengatakan Apple sedang mempertimbangkan menggunakan USB-C untuk iPhone 14, tapi hanya untuk iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Perlu dicatat bahwa rekam jejak LeaksApplePro tidak begitu akurat, dan rumor ini juga bertentangan dengan bocoran dari tipster lainnya. Tipster Jon Prosser sebelumnya mengatakan desain iPhone 14 memang akan dirombak tapi tetap akan menggunakan port Lightning.

Tapi LeaksApplePro juga memberikan tiga penjelasan mengapa Apple akan menyertakan USB-C di iPhone 14 Pro/Pro Max. Pertama, karena kemampuan transfer USB-C yang lebih cepat ketimbang Lightning.

Seperti diketahui, iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max kini dilengkapi dengan fitur video 4K ProRes yang bisa menghasilkan video satu menit berukuran 6GB, atau 720GB untuk video berdurasi dua jam.

Dengan port Lightning yang menggunakan USB 2.0, pengguna membutuhkan waktu 3 jam dan 45 menit untuk mentransfer file berukuran 720GB. Sedangkan USB-C bisa menyelesaikannya dalam waktu 2 menit dan 38 detik, seperti dikutip dari BGR, Minggu (21/11/2021).

Selain itu, Komisi Eropa belum lama ini mengesahkan undang-undang baru yang mengharuskan vendor ponsel menggunakan USB-C di produknya. Karena sekarang ponsel Android sebagian besar sudah menggunakan USB-C, Apple pun diwanti-wanti untuk mengikuti jejak kompetitornya.

Mengganti port Lightning di iPhone 14 Pro dengan USB-C juga akan membuat ponsel itu jadi lebih ramah lingkungan karena produk Apple lainnya yang sudah menggunakan USB-C jadi bisa berbagi charger dengan mudah.

Apple sendiri sudah menggunakan USB-C di beberapa perangkatnya, seperti iPad dan MacBook terbaru. Meski sudah sering dirumorkan, fitur ini belum juga menyambangi iPhone hingga kini.

Sementara itu, seorang mahasiswa bernama Ken Pillonel belum lama ini menciptakan iPhone pertama di dunia dengan USB-C. iPhone X hasil modifikasinya tersebut terjual dengan harga USD 86.001.

(vmp/vmp)