Wow! Apple Patenkan Desain iPhone Berselimut Kaca

Wow! Apple Patenkan Desain iPhone Berselimut Kaca

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 19 Nov 2021 11:35 WIB
iPhone 13 Pro
Apple Patenkan Desain iPhone yang Bodinya Diselimuti Kaca Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

iPhone dengan bodi yang seluruhnya terbuat dari kaca sudah lama menjadi mimpi mantan desainer Apple Jony Ive. Berdasarkan paten terbaru Apple, sepertinya mimpi tersebut sudah selangkah menjadi nyata.

Paten iPhone kaca yang didaftarkan Apple belum lama ini dikabulkan oleh United States Patent and Trademark Office. Paten tersebut juga berisi skema desain iPhone yang seluruh bodinya terbuat dari kaca dan layar yang membalut semua bagian bodi.

Dalam deskripsinya yang sangat general, Apple menjelaskan perangkat elektronik dengan kaca yang menyelimuti keenam sisinya dan casing kaca yang mengelilingi seluruh perangkat.

Paten iPhone kacaPaten iPhone kaca Foto: USPTO

Untuk perangkat yang menggunakan layar sentuh seperti iPhone, paten Apple mencakup bagaimana layar sentuh ini ditempatkan di interior ponsel. Layar ini dibuat fleksibel untuk menyelimuti seluruh bagian ponsel dan menyediakan area sentuh tambahan.

Paten ini menjelaskan bagaimana kaca bisa dibuat meruncing, tumpang tindih, dan melengkung untuk membuat penutup yang seluruhnya terbuat dari kaca. Tapi ada area yang dikosongkan untuk mengakomodasi komponen seperti speaker dan mikrofon, seperti dikutip dari MacRumors, Jumat (19/11/2021).

Apple juga mengindikasikan bagaimana sebagian permukaan gelas akan memiliki tekstur yang berbeda untuk membedakannya dengan area sentuh lainnya.

Paten iPhone kacaPaten iPhone kaca Foto: USPTO

Karena seluruh bodinya terbuat dari kaca, Apple juga menjelaskan cara mengakses jeroan iPhone untuk proses manufaktur dan perbaikan. Cara yang dibayangkan oleh Apple adalah dengan mengeluarkan bagian yang disebut Apple sebagai 'cap' yang memungkinkan komponen internal untuk dikeluarkan dari bodi ponsel.

Paten ini juga menunjukkan bagaimana software iPhone bisa memanfaatkan desain all-glass ini, misalnya dengan memperlihatkan informasi tambahan di bagian tepi layar dan elemen antarmuka yang bergerak sesuai dengan pergerakan ponsel.

Selain iPhone, Apple juga mematenkan desain perangkat lain seperti Apple Watch, Mac Pro silinder, dan Mac Pro reguler dengan desain yang seluruhnya terbuat dari kaca.

Dengan paten ini, bukan berarti Apple secara aktif berencana membuat iPhone dengan bodi kaca untuk diluncurkan ke publik. Tapi setidaknya paten ini menunjukkan bahwa Apple berani menjelajahi area desain perangkat yang unik dan futuristik.



Simak Video "Bocoran iPhone SE 3, Lini Produk Anyar Termurahnya Apple"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)