HP 5G Murah Makin Banyak, Kenapa Oppo A95 Masih Pakai 4G?

HP 5G Murah Makin Banyak, Kenapa Oppo A95 Masih Pakai 4G?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 18 Nov 2021 21:42 WIB
Oppo A95
HP 5G Murah Makin Banyak, Kenapa Oppo A95 Masih Pakai 4G? Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET
Jakarta -

Oppo A95 dirilis dengan harga Rp 3 jutaan untuk menyasar segmen lower-middle di Indonesia. Segmen ini juga perlahan ikut diramaikan oleh ponsel 5G dengan harga terjangkau, tapi mengapa Oppo A95 belum mendukung jaringan generasi kelima ini?

Menurut PR Manager OPPO Indonesia for OPPO Reno 4G & A Series Aryo Meidianto, hal ini dikarenakan jaringan 5G yang masih belum merata di seluruh Indonesia. Karena tujuan Oppo adalah menjaring konsumen di seluruh daerah, maka ponsel ini dibekali chipset Snapdragon 662 yang mendukung 4G.

"Kalau kita memberikan perangkat 5G mungkin teman-teman kami yang tidak berada di daerah yang ter-cover 5G itu akan sedikit protes dengan harga yang kami berikan. Mereka membeli perangkat 5g tapi mereka tidak bisa memanfaatkannya," kata Aryo saat ditemui setelah peluncuran Oppo A95 di Jakarta, Kamis (18/11/2021).

Oppo A95 sendiri merupakan ponsel Oppo A9 series pertama yang rilis di Indonesia dalam dua tahun terakhir. Ponsel A9 series yang terakhir dirilis Oppo saat itu adalah Oppo A92.

Aryo mengungkap alasan absennya Oppo A9 series di Indonesia selama dua tahun terakhir adalah karena dua ponsel A9 series sebelumnya terlalu mirip dengan salah satu ponsel di Reno series.

"Karena akhirnya beberapa perangkat A9 yang ada terlalu dekat dengan Reno F series. Jadi makanya kita di dua tipe - A93, A94 - kita tidak ambil, tapi kembali lagi di A95," jelas Aryo.

Aryo mengatakan keputusan untuk menghadirkan Oppo A95 didasari oleh permintaan dari konsumen di Tanah Air. Selain itu, perangkat ini diharapkan bisa membantu Oppo untuk mencaplok pangsa pasar yang lebih besar menjelang akhir tahun 2021.

Seperti diketahui, data terbaru Canalys mengungkap posisi Oppo di pasar ponsel Indonesia pada kuartal ketiga tahun 2021 berada di peringkat kedua dengan pangsa pasar 22%. Peringkat pertama diisi oleh Vivo dengan pangsa pasar 23%.

"Ini kan kuartal terakhir jadi pertarungan vendor-vendor smartphone untuk meraih pangsa pasar yang lebih baik. Jadi makanya dari itu kita keluarkan Oppo A95 ini untuk mencoba apakah perangkat ini akan diterima baik oleh konsumen Indonesia setelah absen dua tahun lamanya," ucap Aryo.

Bisa jadi akan menjadi salah satu acuan apakah nanti ke depan kita akan bawa A9 series lainnya. Kalau memang berhasil kita akan bawa A9 series lainnya," pungkasnya.



Simak Video "Menggenggam Oppo A95 yang Makin Elegan dan Tangguh!"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)