'Black Screen of Death' di Windows 11 Berubah Warna Lagi Jadi Biru

'Black Screen of Death' di Windows 11 Berubah Warna Lagi Jadi Biru

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 17 Nov 2021 21:42 WIB
Blue Screen of Death berubah warna di Windows 11
'Black Screen of Death' di Windows 11 Berubah Warna Lagi Jadi Biru Foto: The Verge
Jakarta -

Microsoft kembali mengubah tampilan 'Screen of Death' di Windows 11. Setelah sebelumnya mengubah warna 'Blue Screen of Death' menjadi warna hitam, kini warnanya diubah lagi menjadi warna biru.

Microsoft awalnya mengubah warna BSOD menjadi hitam pada bulan Juli lalu untuk membuat tampilannya selaras dengan layar log on dan shutdown di Windows 11. Saat itu Microsoft tidak memberikan penjelasan di balik perubahan ini, dan kali ini juga sama.

Perubahan warna BSOD ini ditemukan oleh Windows Central di update Windows 11 build 22000.346. Update ini sudah digulirkan untuk pengguna Windows 11 yang tergabung dalam program Beta dan Insider.

"Kami mengubah warna layar menjadi biru ketika perangkat berhenti bekerja atau terjadi kesalahan seperti di versi Windows sebelumnya," tulis Microsoft di changelog update tersebut, seperti dikutip dari The Verge, Rabu (17/11/2021).

Microsoft pertama kali mengenalkan BSOD di Windows 3.0 yang dirilis pada tahun 1990. Layar yang kerap membuat pengguna panik ini berfungsi membantu teknisi IT untuk mendiagnosa masalah pada hardware dan kesalahan memori.

BSOD adalah pemeriksaan bug Windows sendiri, dan biasanya berisi kumpulan data yang bisa membantu administrator sistem untuk menganalisa kesalahan apa yang menyebabkan layar biru.

Dalam beberapa tahun terakhir, Microsoft terus memperbarui BSOD. Pada tahun 2012, mereka menambahkan emoticon sedih di Windows 8, kemudian menambahkan QR code di Windows 10.

Tidak diketahui apa alasan Microsoft mengubah warna BSOD menjadi biru lagi. Mungkin karena warna biru yang digunakan sudah sangat familiar untuk teknisi komputer sebagai indikator masalah, dan pemilihan warna hitam justru membuat pengguna dan teknisi jadi bingung.



Simak Video "11 Fitur Baru Windows 11 yang Dirilis Besok"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)