Google Batal Bikin Pixel Layar Lipat, Gara-gara Samsung?

Google Batal Bikin Pixel Layar Lipat, Gara-gara Samsung?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 16 Nov 2021 19:15 WIB
Samsung Galaxy Z Fold 3
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Google sempat dikabarkan bakal mengembangkan ponsel dengan layar lipat, yang awalnya disebut bakal rilis bersama Pixel 6.

Namun kini kabarnya Google membatalkan pengembangan ponsel layar lipat, yang awalnya disebut bakal dirilis pada Q4 2021. Penyebab dibatalkannya pengembangan tersebut kabarnya adalah Samsung. Lho kok?

Menurut konsultan dari Display Supply Chain Ross Young, Google sudah membatalkan pesanan komponen yang dibutuhkan untuk Pixel Fold (nama Pixel dengan layar lipat), dan mereka diperkirakan tak akan merilis ponsel layar lipat sampai setidaknya pertengahan pertama 2022.

Padahal sebelumnya Gogole sudah merilis Android 12L yang ditujukan dan dioptimasi untuk perangkat tablet dan ponsel layar lipat. Dengan Android 12L yang pertama dipamerkan pada Maret lalu itu diasumsikan Google bakal merilis Pixel dengan layar yang bisa dilipat.

Begitu juga dengan deretan kode di aplikasi Google Camera yang menunjukkan kalau Google bakal merilis Pixel Fold pada 2022, demikian dikutip detikINET dari Phone Arena, Selasa (16/11/2021).

Namun tampaknya Google merasa sulit berkompetisi dengan Samsung yang sudah merilis ponsel layar lipat sejak 2019 lalu, dan bisa dibilang adalah pembuat ponsel layar lipat terbaik saat ini.

Pasalnya jika dibandingkan dengan Galaxy Z Fold 3, Pixel Fold tampaknya bakal kalah fitur, karena tak punya beberapa fitur unggulan Z Fold 3 seperti dukunga stylus aktif ataupun kamera depan yang tersembunyi di bawah layar.

Padahal berdasarkan rumor yang beredar, spek Pixel Fold ini terbilang lumayan. Seperti layar 7,57 inch yang punya refresh rate 120Hz. Lalu otaknya adalah Google Tensor, sama seperti di jajaran Pixel 6 dan 6 Pro. Spesifikasi kameranya mungkin akan sedikit tertinggal, namun tetap berkualitas.

Faktor lain yang diasumsikan membuat Google membatalkan pengembangan Pixel Fold adalah biaya. Berbeda dengan Samsung yang memproduksi banyak komponen yang dipakai di Z Fold 3, Google harus memesan komponen itu dari perusahaan lain. Alhasil mungkin saja Google tak bisa meraup keuntungan dari Pixel Fold jika mereka benar-benar memproduksi ponsel layar lipat tersebut.

Namun ada juga yang menganggap pembatalan ini adalah hal baik. Yaitu menunggu sampai pasar ponsel layar lipat benar-benar matang, ketimbang merilis ponsel untuk pasar yang belum terlalu jelas. Langkah seperti ini juga yang biasanya dipakai Apple saat ada teknologi baru di pasaran.



Simak Video "Pengumuman! Google Rilis Pixel 6 pada 19 Oktober"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)