Ini Dia Xperia Pro-I, HP 'The Camera' dari Sony

Ini Dia Xperia Pro-I, HP 'The Camera' dari Sony

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Rabu, 27 Okt 2021 13:38 WIB
Sony Xperia Pro-I
Foto: Dok. Sony
Jakarta -

Sony memamerkan ponsel terbarunya yang bernama Xperia Pro-I, yaitu ponsel yang kameranya memakai sensor 1 inch.

Sensor 1 inch ini 'dipinjam' dari RX100 VII, lini kamera compact premium yang sering mendapat kamera compact terbaik. Sony sendiri mengklaim kalau Xperia Pro-I ini sebagai 'camera phone', dan secara internal mereka menyebutnya sebagai 'The Camera'.

Di portfolio ponsel Sony, ponsel ini bahkan punya posisi yang unik. Yaitu di atas ponsel flagship standar mereka, yaitu Xperia 1. Bahkan Xperia Pro-I ini bukan penerus langsung dari Xperia Pro, meski mengusung nama yang mirip.

Namun Xperia Pro memang posisinya berbeda, karena ditujukan untuk para live streamer dengan port HDMI-nya yang unik itu. Sementara Xperia Pro-I lebih mengarah ke paket komplit untuk fotografer dan videografer.

Tentunya karena penggunaan sensor 1 inch Exmor RS yang dilengkapi phase detection autofocus, dan dipasangkan dengan lensa Zeiss Tessar Optics 24mm dengan bukaan f/2.0/f4.0.

Sony Xperia Pro-ISony Xperia Pro-I Foto: Dok. Sony

Sensor 1 inch ini punya pixel yang sangat besar, yaitu 2,4 mikron. Sensornya pun mendukung RAW 12bit dan 315 titik phase detection autofocus yang mencakup 90% dari layar, demikian dikutip detikINET dari Phone Arena, Rabu (27/10/2021).

Selain kamera utama, Xperia Pro-I juga punya tiga kamera lain yang masing-masing mempunyai resolusi 12MP. Yaitu kamera dengan lensa ultrawide 16mm, telephoto 50mm, dan juga sensor 3D iToF untuk membantu autofokusnya.

Lalu ada juga fitur-fitur lain yang sebelumnya sudah ada di Xperia 1 III, seperti Eye-AF realtime untuk manusia dan binatang, burst mode AF/AE 20fps, yang bisa didapat berkat prosesor gambar BIONZ X.

Sebagai ponsel, Xperia Pro-I pun punya spesifikasi yang mumpuni. Bodinya tak tebal-tebal amat meski sensor kameranya besar. Ketebalannya hanya 8,9 mm, dan dilapisi Gorilla Galss Victus.

Layar OLED 6,5 inch-nya punya resolusi 4K HDR dan refresh rate 120Hz. Otaknya adalah Snapdragon 888 dengan RAM 12GB dan storage 512GB. Jika tak cukup, masih ada slot micro SD untuk menambah storage sampai 1TB. Oh ya, port audio 3,5mm juga masih ada di ponsel ini.

Soal baterai, kapasitasnya adalah 4.500 mAh dan bisa diisi ulang dari kosong sampai 50% dalam waktu 30 menit lewat charger 30W. Ponsel dengan standar IP68 ini juga punya aksesoris khusus vlog, yaitu Vlog Monitor yang berupa layar 3,5 inch HD yang terhubung lewat kabel dan dipasang di belakang ponsel.

Xperia Pro-I baru mulai dijual pada awal Desember 2021 dengan harga sekitar 1.800 euro atau sekitar Rp 29,5 juta.



Simak Video "Eksklusif James Arthur: Mimpi Kolaborasi Bareng BLACKPINK-BTS"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)