Bocoran Ponsel Termurah Apple: Bakal Mirip iPhone XR

Bocoran Ponsel Termurah Apple: Bakal Mirip iPhone XR

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Senin, 25 Okt 2021 07:15 WIB
Jakarta -

iPhone SE adalah salah satu iPhone paling populer karena harganya yang paling murah dibanding iPhone seri lain. Untuk iPhone SE 3 kabarnya akan menggunakan desain serupa dengan iPhone XR.

Ini artinya, iPhone SE selanjutnya akan punya layar dengan notch, bezel tipis, dan tanpa tombol home. Meski begitu kabarnya iPhone ini akan tetap dilengkapi dengan Touch ID, yang dipasang di tombol power seperti di beberapa seri iPad.

Namun ada juga rumor yang menyebut kalau iPhone SE 3 bakal dilengkapi Face ID, bukan Touch ID.

Tak cuma itu, iPhone SE 3 akan memakai chip A15 Bionic yang dibuat dengan pabrikasi 5nm, juga mendukung jaringan 5G, demikian dikutip detikINET dari GSM Arena, Jumat (22/10/2021).

Karena menggunakan desain iPhone XR, maka ukuran layar iPhone SE 3 pun akan 'naik kelas' dibanding seri-seri sebelumnya, yaitu menjadi 6,1 inch. iPhone SE 2020 sebelumnya memakai layar 4,7 inch karena berbasis iPhone 8.

Sementara iPhone SE generasi pertama layarnya hanya 4 inch karena menggunakan desain iPhone 5S. Dalam sejarahnya, iPhone SE memang selalu menggunakan desain iPhone seri sebelumnya namun dengan jeroan yang diperbarui, seperti Apple A9 di iPhone SE dan Apple A13 Bionic di iPhone SE 2020.

Soal daur ulang desain perangkat ini, tampaknya memang keahlian Apple. Sebelumnya mereka juga merilis AirPods 3 yang desainnya mirip dengan AirPods Pro namun tanpa eartips silikon.

Oh ya, iPhone SE 3 juga kabarnya akan jadi iPhone terakhir yang menggunakan panel LCD. Yaitu panel LCD dengan resolusi 1792 x 828 seperti iPhone XR. Sementara varian iPhone lain kemungkinan akan beralih ke OLED seperti semua lini iPhone 13 dan 12.

(asj/fyk)