Cerita Riri Riza Bikin Film Pendek Pakai HP: Lebih Intim

Cerita Riri Riza Bikin Film Pendek Pakai HP: Lebih Intim

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 22 Okt 2021 21:45 WIB
Riri Riza
Cerita Riri Riza Bikin Film Pakai HP: Lebih Intim Foto: dok. Oppo
Jakarta -

Riri Riza ikut digaet menjadi Oppo CineFinders dan ditantang membuat film pendek eksklusif menggunakan Oppo Find X3 Pro 5G. Menurut Riri, membuat film dengan dengan ponsel ternyata punya keunggulannya sendiri.

Film pendek buatan Riri berjudul 'You and Me in Low Angle'. Film yang dibuat di Yogyakarta ini menceritakan kisah Leila, seorang gadis yang selalu melihat dunianya dari sudut yang rendah.

Riri mengatakan film pendek seperti 'You and Me in Low Angle' merupakan cerita yang tepat untuk dibuat untuk menggunakan medium film pendek, terutama untuk proses pembuatan yang menggunakan ponsel. Menurutnya, proses pembuatan film menggunakan ponsel terasa jadi lebih intim, apalagi kamera Oppo Find X3 Pro 5G tidak terlalu banyak kebutuhan teknisnya.

"Saya rasa kamera ini memiliki semua kelengkapan teknis yang saya butuhkan untuk membuat film," kata Riri pada Premier Film Pendek Eksklusif CineFinders di Jakarta, Jumat (22/10/2021).

"Tapi bedanya apa, saya sekarang bisa bekerja dengan sangat intim dengan pemain, dengan pergerakan kamera. Kameranya bisa ditempel di motor, kameranya bisa ditaruh di sudut, saya bisa syuting saat hujan tanpa terlalu khawatir," sambungnya.

Sutradara 'Petualangan Sherina' ini mengatakan syuting menggunakan ponsel seperti Oppo Find X3 Pro 5G juga jadi lebih mudah karena kamera bisa diatur dengan mudah menggunakan pilihan lensa telephoto dan ultra-wide yang tersedia.

Meski saat ini baru menggunakan Oppo Find X3 Pro 5G untuk membuat film pendek, Riri yakin ponsel yang ada saat ini sudah bisa digunakan untuk membuat film panjang.

Riri berharap tiga film pendek eksklusif yang dirilis lewat kolaborasi CineFinders dapat menginspirasi sineas muda di Indonesia untuk bisa berkarya meski hanya bermodalkan ponsel. Menurutnya teknologi harusnya bisa menjadi alat untuk mendukung kreativitas, dan bukan sebagai pembatas.

"Pembuat film mencari terus gaya dia bercerita, penemuan teknologi baru atau keterbatasan teknologi juga bisa jadi estetikanya," kata Riri.

"Ini sangat menarik dan Indonesia ini kita dipenuhi inspirasi kreatif dari tanah kita. Teman-teman pembuat film ini tinggal hajar saja, dan teknologinya sudah ada sekarang," pungkasnya.



Simak Video "Alasan Oppo A95 Tak Dilengkapi Fitur '5G Ready'"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)