MacBook Pro Paling Mentok Harganya Tembus Rp 85 Juta

MacBook Pro Paling Mentok Harganya Tembus Rp 85 Juta

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 19 Okt 2021 18:17 WIB
MacBook Pro
Foto: Apple
Jakarta -

Duo MacBook Pro yang baru dirilis Apple harganya memang lebih mahal dibanding MacBook Air dan Pro yang memakai chip M1, dan harga dengan spesifikasi tertingginya mencapai USD 6.099 atau sekitar Rp 85 juta.

Baik MacBook Pro 14 maupun 16 memang punya pembaruan yang signifikan dibanding MacBook M1 sebelumnya, seperti chip yang lebih kencang, refresh rate tinggi pada layarnya, port yang lengkap, dan lainnya.

Namun harganya memang tak murah. Misalnya MacBook Pro 14 harganya mulai USD 1.999 dan versi 16 inch harganya mulai USD 2.499. Harga dasarnya ini pun sudah lebih tinggi ketimbang MacBook Air dan Pro versi M1.

Harga itu bakal melonjak jauh jika kapasitas RAM dan storagenya ditambah sampai maksimal. Contohnya jika opsi RAM yang dipilih adalah unified memory 64GB dengan storage 8TB, charger 140W, dan chip M1 Max, maka harganya akan melonjak menjadi USD 6.099.

Tentu saja ini hanya harga perangkatnya. Untuk softwarenya, Apple merekomendasikan Final Cut Pro yang harganya USD 299 dan Logic Pro yang harganya USD 199 pada halaman checkout di situs Apple. Jika software ini dihitung, harga totalnya hampir mencapai USD 6.600.

Lewat kedua MacBook Pro ini Apple tampaknya menjawab keluhan para pengguna MacBook Pro sebelumnya, karena mereka memberikan fitur-fitur yang sebelumnya sempat dihilangkan.

Contohnya SD card reader dan port HDMI, lalu Apple juga kembali menggunakan charger MagSafe untuk MacBook Pro baru ini, meski tetap mendukung pengisian daya melalui port USB-C/Thunderbolt 4.

Selain itu ada peningkatan yang menarik pada layar, yaitu menggunakan panel mini LED yang dinamai Liquid Retina XDR. Selain mengunakan mini LED untuk meningkatkan tingkat kontras, layar ini juga punya adaptive refresh rate hingga 120Hz.

Tentunya peningkatan juga terjadi pada chip yang dipakai, yaitu M1 Pro dan Max, yang meningkat jauh performanya -- menurut klaim Apple -- dibanding M1 generasi pertama.



Simak Video "MacBook Pro Terbaru Dipersenjatai M1 Pro dan M1 Max, Apa Bedanya?"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)