Perbandingan AirPods 3 dan AirPods 2, Perlu Upgrade?

Perbandingan AirPods 3 dan AirPods 2, Perlu Upgrade?

Adi Fida Rahman - detikInet
Selasa, 19 Okt 2021 17:50 WIB
AirPods 3
AirPods 3. Foto: Apple
Jakarta -

Setelah dua tahun Airpods 2 akhirnya diperbarui, AirPods 3 resmi diumumkan di Apple Event yang digelar online pada Selasa dini hari (19/10/2021). Namun perlukah kamu upgrade? Untuk menjawab berikut perbandingan keduanya.

Desain

Desain AirPods 3 mempertahankan tangkai AirPods 2, tetapi Apple memperpendeknya agar menyerupai AirPods Pro. Tangkai juga memiliki fitur force sensor untuk pengontrolan earphone ini.

AirPods 3 punya desain kontur baru yang menyerupai AirPods Pro, hanya bedanya tidak memiliki ujung silikon in-ear.

Case AirPods 3 dibuat lebih besar dari sebelumnya. Kendati begitu case mendukung pengisian wireless dan mendukung MagSafe.

Satu lagi, AirPods 3 dibuat tahan keringat dan air.

AirPods 3 dibuat tahan keringat dan airAirPods 3 dibuat tahan keringat dan air Foto: Apple

Fitur dan Kualitas Suara

Sempat tersiar kabar kalau AirPods 3 bakal dibekali fitur active noise cancellation (ANC). Nyatanya rumor tersebut tidaklah benar.

Baik AirPods 2 maupun penerusnya tidak memiliki dukungan peredam bising. Walau begitu Apple memberikan fitur Spatial Audio dan Find Me pada AirPods 3.

AirPods 3 mendukung Spatial Audio Foto: Apple

Soal kualitas suara belum bisa menjawab karena perlu mendengarkan keluaran suara di TWS terbaru Apple. Tapi bila melihat spesifikasi harusnya jauh lebih baik.

Sebab Apple menyematkan driver distorsi rendah baru untuk menghasilkan bass yang kuat bersama dengan nada tinggi yang jernih. AirPods 3 juga menambahkan Adaptive EQ untuk mengoptimalkan pengalaman audio.

Daya Tahan Baterai

Saat acara peluncuran, Apple memastikan AirPods 3 dapat digunakan enam jam dalam kondisi penuh. Ini artinya satu jam lebih lama dari Air Pods 2.

Bila digabungan dengan case, AirPods 3 memiliki total masa pakai baterai hingga 30 jam. Sementara AirPods 2 hanya sampai 24 jam.

AirPods 3 dilengkapi dengan casing pengisi daya nirkabel MagSafe. Apple mencatat bahwa lima menit waktu pengisian sama dengan satu jam penggunaan baterai.

Mendukung MagSafeMendukung MagSafe Foto: Apple

Kesimpulan

AirPods 3 sepertinya mengisi celah antara AirPods 2 dan AirPods Pro. Kehadirannya untuk meningkatkan pengalaman pengguna lewat desain baru, suara yang harusnya lebih baik dan baterai lebih lama.

Jika ada budget tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan upgrade dari AirPods 2 ke 3. Berikut harga keduanya:

  • AirPods 2 harganya USD 129 atau Rp 1,8 juta
  • AirPods 3 harganya USD 179 atau Rp 2,5 juta


Simak Video "Spesifikasi yang Ditawarkan AirPods 3"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fay)