Ini HP Xiaomi Pertama yang Kebagian Android 12

Ini HP Xiaomi Pertama yang Kebagian Android 12

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Sabtu, 09 Okt 2021 06:50 WIB
Android 12 Xiaomi
Foto: Dok. Xiaomi
Jakarta -

Setelah 'lulus' dari masa beta, Google akan segera melepas Android 12 ke deretan ponsel Pixelnya. Begitu juga dengan pabrikan ponsel Android lain, termasuk Xiaomi.

Ada beberapa seri ponsel Xiaomi yang akan mendapat pembaruan Android 12 lebih dulu. Tentu seri yang beruntung itu adalah deretan ponsel flagshipnya, yaitu Mi 11, Mi 11 Pro, dan Mi 11 Ultra. Sayangnya, meski mengusung nama Mi 11, Mi 11 Lite tak ada dalam daftar tersebut.

Lalu khusus di China, ada juga beberapa varian lain yang sebelumnya juga sudah menjalani masa beta untuk Android 12, yaitu Mi 11X dan Mi 11i. Namun keduanya juga tak ada dalam daftar ponsel Xiaomi pertama yang akan kebagian pembaruan tersebut.

Selain dari seri Mi, ada juga dari seri Redmi, yaitu Redmi K40 Pro dan K40 Pro+ yang ada di gelombang pertama ponsel Xiaomi untuk Android 12. Namun saat ini pembaruannya juga masih diuji secara internal, dan belum diketahui tanggal pasti peluncurannya.

Di sisi lain, ada Oppo dan Realme yang sudah menetapkan tanggal ketersediaan OS barunya. Yaitu 11 Oktober untuk ColorOS 12 dan 12 Oktober untuk Realme UI 3.0. Menurut Google, ada Samsung, OnePlus, Vivo, dan Tecno yang akan memperbarui ponsel-ponselnya ke Android 12 pada 2021 ini, demikian dikutip detikINET dari GSM Arena, Jumat (8/10/2021).

Sebelumnya diberitakan, Google akhirnya merilis Android 12 versi stabil ke Android Open Source Project setelah melewati masa uji coba beta selama beberapa bulan.

Selain membawa banyak fitur baru, Android 12 juga mengembalikan tradisi Android menggunakan nama makanan manis.
Android 12 kini memiliki nama resmi lain yaitu Snow Cone. Nama ini sudah resmi karena diumumkan langsung oleh Vice President of Engineering for Android Dave Bruke lewat Twitter.

Ini pertama kalinya Google kembali menggunakan nama makanan manis untuk Android setelah tiga tahun. Seperti diketahui, pada tahun 2019 Google berhenti menggunakan nama unik untuk sistem operasi mobile-nya saat meluncurkan Android 10.



Simak Video "Fitur-fitur Terbaru di Android 12"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)