Huawei Mate 50 Pro Bakal Pakai Snapdragon 898?

Huawei Mate 50 Pro Bakal Pakai Snapdragon 898?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Rabu, 29 Sep 2021 17:30 WIB
Huawei P50 Pro
Foto: Screenshot
Jakarta -

Setelah memakai Snapdragon 888 di seri P50 dan P50 Pro, Huawei tampaknya akan kembali menggunakan chip dari Qualcomm di Mate 50 Pro.

Snapdragon 898 tampaknya adalah chip yang bakal dipakai di Mate 50 Pro. Namun, sama seperti Snapdragon 888 di P50, modem yang terintegrasi bukan 5G, melainkan 4G.

Ini adalah cara Huawei mengakali berbagai pembatasan yang dilakukan oleh Pemerintah AS. Yaitu dengan tak menggunakan chip dengan modem 5G agar mereka tetap bisa menggunakan chip dari perusahaan asal AS tersebut.

Huawei sendiri sebenarnya bisa mendesain chipnya sendiri, dan itulah yang sebelumnya mereka lakukan lewat Kirin. Namun, tanpa ada rekanan bisnis yang bisa memproduksi chip hasil desainnya itu, Huawei tak bisa apa-apa, dan hal ini sudah diakui oleh Chairman Huawei Guo Ping.

"Saat ini, hambatan terbesar bagi kami adalah bisnis ponsel. Seperti kita tahu, chip untuk ponsel perlu teknologi canggih karena ukurannya kecil dan punya konsumsi daya rendah. Huawei bisa mendesain chipnya sendiri tapi tak ada siapa pun yang bisa memproduksinya untuk kami," ujar Guo Ping.

Berbagai peraturan ini pun membuat jadwal peluncuran ponsel-ponsel andalan Huawei menjadi tertunda. Contohnya seri P, yang berfokus pada fotografi, lazimnya dirilis pada awal tahun, baru dipamerkan ke publik pada Juli lalu.

Lalu seri Mate yang lazimnya dirilis pada Q4 setiap tahunnya, namun untuk Mate 50 Pro tampaknya baru akan dirilis pada 2022 mendatang. Meski ada juga rumor yang menyebut kalau Huawei akan memamerkan ponsel tersebut pada bulan Oktober 2021.

Adalah Digital Chat Station, lewat postingannya di Weibo, yang mengabarkan kalau Huawei tengah menjajal system on a chip (SoC) terbaru yang akan dirilis Qualcomm pada akhir 2021, yaitu Snapdragon 898.

Snapdragon 898 sendiri adalah chip yang dibuat oleh Samsung lewat proses 4nm, dan karena dibuat menggunakan teknologi milik perusahaan asal AS, Huawei hanya bisa memakai Snapdragon 898 yang sudah disunat fiturnya, yaitu tanpa dukungan 5G.

Huawei sendiri sebenarnya punya Kirin 9000 yang dipakai di Mate 40 Pro, dan chip ini mendukung 5G. Namun pemblokiran oleh AS membuat Huawei tak punya pasokan Kirin 9000 yang mencukupi, sehingga tak bisa dipakai di P50 Pro.



Simak Video "Wujud Ponsel Premium Huawei P50 dan P50 Pro"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)