Teknologi AdaptiveSync di Ponsel, Buat Apa Sih?

Teknologi AdaptiveSync di Ponsel, Buat Apa Sih?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 28 Sep 2021 22:11 WIB
Xiaomi Redmi 10
Xiaomi Redmi 10 (Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati)
Jakarta -

Sejumlah ponsel Xiaomi anyar yang memakai layar di atas 60Hz punya teknologi bernama AdaptiveSync, termasuk Redmi 10. Apa sih keuntungan menggunakan AdaptiveSync?

Redmi 10 punya layar berukuran 6,5 inch FHD+ dengan DotDisplay untuk menyimpan kamera depan. Layar yang bertipe IPS ini punya refresh rate maksimal 90Hz, yang dilengkapi dengan teknology AdaptiveSync.

Nah, fitur AdaptiveSync ini punya beberapa fungsi. Fungsi pertamanya adalah menghemat penggunaan baterai. Pasalnya, layar dengan refresh rate di atas 60Hz tentu konsumsi baterainya lebih tinggi dibanding layar 60Hz.

Di sinilah fungsi AdaptiveSync, yang hanya akan menggunakan refresh rate 90Hz ini saat dibutuhkan saja. Jadi saat tak dibutuhkan, refresh ratenya akan lebih rendah sehingga bisa menghemat konsumsi daya baterai.

Fungsi kedua adalah membuat tampilan animasi di ponsel bisa lebih halus, karena refresh rate yang tinggi akan membuat animasi bisa ditampilkan dengan frame rate yang lebih tinggi juga, contohnya saat melakukan scrolling di situs web.

Alhasil animasinya juga akan terlihat lebih halus dibandingkan dengan animasi di layar dengan refresh rate 60Hz. Begitu juga dengan game, dengan frame rate yang lebih tinggi, animasi di game pun akan tampil dengan lebih halus.

Jadi dengan AdaptiveSync, animasi akan lebih halus saat dibutuhkan namun tetap akan menghemat baterai karena refresh rate akan diturunkan saat sedang tak dibutuhkan.

Selain layar 90Hz, Redmi 10 juga punya beberapa keunggulan lain. Seperti kamera utama 50MP yang ditemani dengan tiga kamera belakang lain, yaitu ultrawide, makro, dan depth sensor.

Nah sebagai otak Redmi 10, dipilih Helio G88 dari MediaTek yang punya delapan core dan terbagi menjadi dua core ARM Cortex-A75 serta enam core ARM Cortex-A55.

Core kencangnya ini punya kecepatan maksimal 2GHz, dan dijanjikan mumpuni untuk keperluan sehari-hari. Baik untuk membuat konten, browsing, sampai bermain game.

Didukung juga dengan fitur Memory Extension, yang bisa mengalihkan storage menjadi RAM, yang menambah 1GB untuk varian 4GB/64GB dan 2GB untuk 6GB/128GB.



Simak Video "Rencana Mobil Listrik Xiaomi Terbongkar, Disebut Gandeng Perusahaan Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)