Waduh! Segel Kertas iPhone 13 Bisa Dipalsukan dalam Hitungan Semenit

Waduh! Segel Kertas iPhone 13 Bisa Dipalsukan dalam Hitungan Semenit

Adi Fida Rahman - detikInet
Selasa, 28 Sep 2021 07:19 WIB
iPhone 13
Segel kertas iPhone 13 mudah dipalsukan. Foto: Techrum
Jakarta -

Apple telah menghapus lapisan nilon yang menyegel kotak iPhone dan beralih ke bentuk kertas demi menjaga lingkungan. Banyak orang berpikir segel kertas akan sulit dipalsukan, tapi kenyataan tidak demikian, malah bisa dilakukan hanya dalam hitungan semenit saja.

Adalah leaker DuanRui yang mengungkap hal tersebut lewat video yang dipostingnya di akun Twitter-nya. Dalam video berdurasi 1 menit 13 detik itu memperlihatkan seorang perempuan memegang stiker berisikan segel kertas dan kotak iPhone 13 Pro Max yang telah dibuka.

Dia kemudian menempelkan segel kertas tersebut ke bagian ujung atas dan bawah kotak iPhone 13 Pro Max. Hanya dalam waktu semenit segel telah terpasang di kotak membuat iPhone 13 Pro Max yang sudah dibuka tampak seperti baru.

Hal ini jelas menimbulkan kekhawatiran. Sebab modus penipuan iPhone bekas pakai 'disulap' jadi baru akan semakin mudah dilakukan.

Apalagi segel kertas tersebut bisa mudah dibeli di ecommerce China, salah satunya AliExpress. Pantauan detikINET harga jual stiker segel iPhone 13 dijual murah, Rata-rata paket berisikan 100 segel kertas iPhone 13 dibanderol USD 40 atau kisaran Rp 570 ribu.

Saat Apple masih membungkus iPhone dengan plastik saja oknum penipu bisa melakukan dengan mudah. Mereka dapat mengemas iPhone bekas pakai yang ditambahkan aksesori palsu menjadi seperti baru.

iPhone 13Penjual segel kertas iPhone 13 Foto: Screenshot

Tentu saja pembeli sulit membedakan mana barang benar-benar baru atau yang dikemas ulang. Itu baru ketahuan saat mereka membongkar isi kotak dan melihat data di iPhone.

Oleh karena itu, konsumen sebaiknya membeli iPhone 13 series di tempat yang memang terjamin keasliannya dan memberikan garansi. Ada baiknya pula tidak tergiur dengan harga yang super murah.



Simak Video "Paling Ditunggu, Inilah Hands On iPhone 13 Pro Indonesia!"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)