5 Fitur Andalan Xiaomi Pad 5

5 Fitur Andalan Xiaomi Pad 5

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 21 Sep 2021 19:20 WIB
Xiaomi Pad 5
Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati
Jakarta -

Xiaomi Pad 5 tak sekadar mengandalkan harganya yang murah, melainkan juga punya deretan keunggulan yang membuatnya bisa bersaing dengan tablet-tablet lain yang lebih mahal. Apa saja?

Pad 5 menandai kembalinya Xiaomi ke ranah tablet, setelah terakhir merilis tablet pada 2015 lewat Mi Pad 4. Desain Pad 5 sendiri sama sekali tak mirip dengan Mi Pad 4, dan ukuran layarnya pun berbeda jauh.

  • Layar
    Ada beberapa keunggulan dari layar Pad 5. Panelnya memang 'cuma' IPS dan bukan OLED, namun warna yang dihasilkan sangat memanjakan mata. Oh ya, resolusinya pun tak main-main, yaitu WQHD+ atau 2560 x 1600 pixel. Lalu refresh rate-nya pun tinggi, yaitu 120Hz, yang artinya animasi yang ditampilkan bakal terlihat sangat halus. Selain itu, animasi yang halus ini juga bisa dirasakan saat bermain game.
  • Chipset kencang
    Sebagai otaknya, Xiaomi memilih Snapdragon 860, sama seperti yang dipakai di Poco X3 Pro, dipasangkan dengan RAM LPDDR4X 6GB dan storage UFS 3.1 256GB. Snapdragon 860 memang bukan yang paling baru, melainkan setara dengan prosesor flagship setahun atau dua tahun ke belakang. Namun ini bukan berarti perfomanya memble, karena Snapdragon 860 adalah prosesor yang masih sangat mumpuni untuk saat ini. Juga terbantu dari layar 120Hz yang membuat animasi sangat mulus. Lalu MIUI yang dipakai pun versi 12.5, yang jauh lebih ringan ketimbang MIUI 12.
  • Quad stereo speakers
    Tak sekadar layar yang menawan untuk menonton video, Pad 5 pun didukung oleh speaker yang mumpuni. Yaitu quad stereo speakers, alias dua speaker di tiap sisinya yang didukung oleh Dolby Atmos, Xiaomi 3D stereo, hi-res audio, dan hi-res audio wireless. Penggunaan empat speaker ini dijanjikan menghasilkan suara yang imersif untuk penggunanya. Kombinasi Dolby Atmos untuk suara dan Dolby Vision diklaim membawa pengalaman tersendiri untuk menikmati konten.
  • Baterai
    Baterai yang dipakai di Pad 5 berkapasitas 8.720 mAh dan dikung oleh charger 22,5W yang ada di paket penjualan. Baterainya ini membuat Pad 5 bisa dipakai secara nonstop selama hampir 10 jam, tentu bukan untuk bermain game berat secara nonstop, melainkan penggunaan yang bervariasi. Pengisiannya pun relatif cepat untuk kapasitas sebesar itu, kurang lebih 2 jam dari kosong sampai penuh. Hal ini memudahkan pengguna untuk menggunakan Pad 5 dalam waktu lama, baik untuk bekerja maupun untuk hiburan.
  • RAM dan storage
    Untuk mendukung produktivitas pengguna, Pad 5 juga mendukung fitur split screen untuk melakukan multitasking. Nah, untuk keperluan ini, RAM yang tersedia pun cukup lega, yaitu 6GB dengan tipe LPDDR4X. Storage yang tersedia pun besar, yaitu 256GB dengan tipe UFS 3.1. Pengguna bisa menyimpan bermacam dokumen di Pad 5 tanpa perlu takut kehabisan tempat penyimpanan.

Penjualan tablet dengan pilihan warna Cosmic Gray dan Pearl White ini (keduanya dengan finishing matte), dimulai pada 28 September mendatang dengan harga Rp 5 juta dan hanya tersedia dengan varian 6GB/256GB.



Simak Video "A Day in My Life with Huawei Matepad 11"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)