iOS 15 Dirilis, Langsung Upgrade atau Tunggu Dulu?

iOS 15 Dirilis, Langsung Upgrade atau Tunggu Dulu?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Senin, 20 Sep 2021 20:49 WIB
iOS 15
iOS 15 Dirilis, Langsung Upgrade atau Tunggu Dulu? (Foto: Apple)
Jakarta -

Apple merilis iOS 15 pada hari ini, Senin 20 September pada pukul 10 waktu Cupertino, Amerika Serikat, atau pukul 00.00 WIB. Mau langsung upgrade atau tunggu dulu?

Selain iOS 15, Apple juga akan merilis iPadOS 15, watchOS 8, tvOS 15, dan HomePodOS 15. Mungkin detikers sudah tak sabar, ya, untuk menjajal iOS baru tersebut. Namun sepertinya sedikit menunggu lebih lama adalah pilihan yang lebih bijak.

Menunggu seminggu atau dua minggu sebelum memasang iOS 15 mungkin akan menjadi pilihan yang bijaksana. Pasalnya, meski iOS 15 sudah melalui masa pengujian yang cukup lama, kemungkinan bakal tetap ada bug yang tersimpan di dalamnya.

Dalam sejarahnya, hampir semua versi iOS yang baru dirilis ke publik masih mempunyai bug yang cukup mengganggu. Misalnya di iOS 14, di mana pengaturan default browser dan email terus berubah setiap pengguna me-restart perangkatnya dan berbagai bug lainnya.

Selama masa beta, iOS 15 dan iPadOS 15 juga diwarnai berbagai bug, dan mungkin bug tersebut sudah diperbaiki sebelum OS-nya dirilis ke publik. Namun bisa saja masih tetap ada, meski mungkin bug tersebut tak sampai membuat perangkat berhenti beroperasi, namun tetap saja akan tetap mengganggu.

Ditambah lagi, menurut Cnet yang menjajal iOS 15 beta, build ke-3 malah lebih parah ketimbang build sebelumnya. Aplikasi terus-menerus mengalami crash tanpa alasan, lalu keyboard berulang kali berhenti beroperasi di iPad Pro.

Jadi kapan sebaiknya melakukan pembaruan ke iOS 15 dan iPadOS 15? Jika mengacu pada masalah yang terjadi di iOS 14, masalah yang ada diperbaiki dalam waktu seminggu setelah iOS 14 dirilis. Jadi, mungkin menunggu seminggu atau dua minggu akan lebih baik.

Tapi jangan juga menunggu terlalu lama, karena bisa saja ada celah keamanan yang terbuka jika tak memperbarui OS ke versi terbaru, seperti yang dilakukan Apple di iOS 14.8 lalu.



Simak Video "Fitur Baru yang Ditawarkan iOS 15"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)