6 Kelebihan dan Kekurangan HP dengan Baterai Berdaya Besar

6 Kelebihan dan Kekurangan HP dengan Baterai Berdaya Besar

Sponsored - detikInet
Rabu, 08 Sep 2021 15:30 WIB
OPPO A15 Doc Youtuber Arrinish
OPPO A15 Doc Youtuber Arrinish Foto: Dok. Blibli.com
Jakarta -

Di masa pandemi seperti sekarang, semua orang dituntut untuk melakukan berbagai aktivitas di rumah saja. Termasuk bekerja, sekolah, dan juga kuliah. Gadget tentu saja menjadi andalannya. Entah itu laptop, HP maupun tablet.

Untuk HP, spesifikasi dengan baterai berkapasitas besar merupakan salah satu yang banyak dicari. Selain membuat penggunanya tidak perlu mengisi daya berkali-kali dalam sehari, baterai berkapasitas besar juga mampu membuat aktif terus-terusan. Seperti salah satu spesifikasi OPPO A15.

Berikut ini beberapa kelebihan dari HP yang memiliki kapasitas baterai yang besar.

1. Tahan Seharian Penuh

Ini jelas yang pertama dari kelebihan HP yang baterainya berkapasitas besar. Mampu bertahan seharian penuh dalam sekali ngecas. Buat yang aktif di luar rumah, hal ini tentu sangat menggembirakan. Anda tak perlu bawa powerbank ke mana-mana.

2. Aktif Terus Menerus

Anda yang selalu eksis tentu perlu hp dengan baterai berkapasitas besar. Hal ini karena daya baterainya akan membuat Anda aktif terus menerus. Entah itu menelpon, chatting, online di media sosial, nonton video, atau bermain game.

3. Bisa Main Game Berlama-lama

Selain RAM besar dan chipset yang canggih, dalam bermain game diperlukan baterai berdaya besar. Hal ini jelas akan membuat main game jadi bebas dilakukan berlama-lama. Tahu sendiri kan ya main game itu sangat menyedot daya baterai. Jadinya akan dengan cepat membuat Anda harus mengisi daya kembali. Nah jika dayanya sudah besar, hal ini tentu tak akan sering dilakukan.

Nah di samping kelebihannya, ada juga kekurangannya dari memilih HP yang punya baterai berdaya besar. Berikut di antaranya.

1. Diperlukan Waktu yang lebih Lama dalam Mengisi Ulang Daya Baterai

Ini tentu hal yang logis. Daya baterai yang besar jelas akan membuat waktu pengisian baterai saat habis hingga penuh akan lebih lama. Misalnya untuk baterai yang dayanya 4.000 mAh. Normalnya dia butuh waktu pengisian daya 2-3 jam. Semakin besar dayanya, tentu akan semakin lama mengisinya kembali.

Tapi beruntung, kini ada yang namanya inovasi fast charging dan super fast charging. Jadinya, waktu yang digunakan untuk mengisi baterai berkapasitas besar dari kosong hingga penuh menjadi lebih singkat. Bisa 1 jam bahkan ada yang hanya 0,5 jam saja untuk kapasitas baterai 4.000 mAh.

2. Berisiko Mudah Panas

HP yang baterainya berkapasitas besar tentu membuat penggunanya selalu aktif menggunakan HP-nya. Bahkan bisa nonstop. Nah hal ini sangat berisiko membuat HP mudah panas. Dan panasnya juga bisa di atas panas HP-HP biasa.

Jika dibiarkan, hal ini tentu tidak baik. Panasnya HP bisa memicu kerusakan pada komponen-komponen dalamnya. Sekalipun memang kini sudah ada teknologi yang bisa mendinginkan hp dari dalam.

3. Dimensi dan Bobot HP Besar

Yang satu ini juga logis. Semakin besar kapasitas baterai tentu akan membuat ukuran baterai menjadi lebih besar. Karena kebanyakan baterai ditanam di dalam hp-nya, yang paling kelihatan tentu ukuran hp secara umum. Ukurannya jadi lebih besar atau tebal, dan bobotnya juga lebih berat.

Itu dia 3 kekurangan dari hp yang berdaya baterai besar. Sebenarnya sih, ketiga hal minus ini sudah ada inovasi yang bisa meminimalkannya. Jadinya, kelebihannya lebih dominan.

Anda mencari HP dengan kapasitas baterai yang besar? Mungkin OPPO A15 akan Anda suka. Sebab selain memiliki kapasitas baterai yang besar, spesifikasi OPPO A15 lainnya juga banyak keunggulan.

Berikut ini keunggulan OPPO A15 di halaman selanjutnya