Fitur Telepon Satelit di iPhone 13 Cuma untuk Pesan Darurat

Fitur Telepon Satelit di iPhone 13 Cuma untuk Pesan Darurat

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 01 Sep 2021 22:37 WIB
iPhone 13
Fitur Telepon Satelit di iPhone 13 Cuma untuk Pesan Darurat Foto: dok Twiiter/SonnyDickson
Jakarta -

iPhone 13 dirumorkan akan memiliki fitur untuk panggilan satelit. Tapi rupanya fitur ini hanya akan bisa digunakan untuk kondisi darurat.

Kehadiran fitur telepon satelit di iPhone 13 pertama kali dilaporkan oleh analis spesialis Apple Ming-Chi Kuo. Tapi berdasarkan laporan terbaru dari Bloomberg, fitur ini awalnya akan terbatas untuk menghubungi layanan atau kontak darurat di wilayah yang tidak memiliki sinyal.

Salah satu fitur yang dikembangkan adalah Emergency Message via Satellite. Fitur ini memungkinkan pengguna mengirimkan pesan singkat ke layanan atau kontak darurat menggunakan jaringan satelit jika pengguna berada di wilayah yang tidak memilik sinyal.

Panjang pesan akan dibatasi dan akan ditampilkan dalam gelembung chat berwarna abu-abu, untuk membedakan pesan SMS yang berwarna hijau dan pesan iMessage yang berwarna hijau.

Jika pengguna mengirimkan pesan darurat ini ke salah satu kontak darurat, penerima pesan akan tetap melihat notifikasi masuk meski mereka mengaktifkan mode Do Not Disturb, untuk memastikan pesan darurat bisa dilihat oleh penerima.

Fitur lainnya memungkinkan pengguna untuk melaporkan keadaan darurat, misalnya yang melibatkan mobil, pesawat, kapal atau api. Pengguna akan bisa mengirimkan informasi seperti lokasi dan Medical ID yang bisa didapatkan dengan mendaftar di aplikasi Health. Pengguna juga bisa menghubungi kontak darurat sambil melaporkan keadaan darurat.

Bloomberg melaporkan bahwa iPhone 13 kemungkinan akan memiliki hardware yang mendukung untuk melakukan panggilan satelit. Tapi sumber mereka mengatakan fitur ini kemungkinan baru akan siap tahun depan, jadi belum bisa langsung dipakai begitu iPhone 13 diluncurkan, seperti dikutip dari The Verge, Rabu (1/9/2021).

Apple sendiri diperkirakan akan merilis jajaran iPhone 13 pada September ini. Ponsel tersebut diperkirakan akan punya tampilan yang sama dengan iPhone 12, seperti ukuran dan bentuknya.

Penambahan kemampuannya diperkirakan akan ada pada kemampuan sistem kamera, layar dengan refresh rate tinggi untuk model Pro dan juga notch yang lebih kecil.



Simak Video "Melihat Lebih Dekat Desain iPhone 13 yang Mirip iPhone 12"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)