Xiaomi Punya Robot Anjing, Namanya CyberDog

ADVERTISEMENT

Xiaomi Punya Robot Anjing, Namanya CyberDog

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 12 Agu 2021 07:41 WIB
Robot anjing CyberDog buatan Xiaomi
Xiaomi Punya Robot Anjing, Namanya CyberDog Foto: dok. Xiaomi
Jakarta -

Xiaomi semalam memamerkan ponsel dan tablet flagship terbarunya, Mi Mix 4 dan Mi Pad 5. Di akhir acara, Xiaomi mengenalkan produk kejutan yaitu robot berkaki empat bernama CyberDog.

Wujud CyberDog sekilas mirip dengan robot Spot buatan Boston Dynamics. Spot sudah dijual sejak tahun lalu dengan harga USD 74.500, dan telah digunakan untuk banyak tugas seperti mensurvei tambang yang berbahaya dan membantu dokter terhubung dengan pasien dari jarak jauh.

Tidak diketahui apa fungsi utama CyberDog yang dibayangkan oleh Xiaomi. Dalam keterangan resminya, Xiaomi menyorot perilaku CyberDog yang mirip seperti binatang peliharaan, termasuk merespons suara dan mengikuti pemiliknya seperti anjing sungguhan.

Konsep robot anjing yang bisa menjadi hewan peliharaan sebenarnya bukan sesuatu yang baru, tengok saja robot anjing Aibo buatan Sony. Tapi tampang CyberDog memang lebih futuristik dan sedikit mengerikan, tidak imut seperti Aibo.

Dikutip dari The Verge, Xiaomi mengatakan CyberDog bisa berjalan dengan kecepatan 3,2 meter/detik, dan bobotnya 3 kg. Robot ini juga bisa melakukan gerakan akrobatik seperti jungkir balik.

CyberDog ditenagai oleh platform Jetson Xavier AI milik Nvidia dan dilengkapi dengan sejumlah kamera dan sensor yang membantunya bergerak secara otonom. Sensor-sensor tersebut antara lain sensor sentuhan, modul GPS, lensa fisheye ultra-wide, dan kamera Intel RealSense D450 untuk depth-sensing.

"CyberDog bisa menganalisa sekelilingnya secara real time, membuat peta navigasi, merencanakan tujuannya dan menghindari rintangan. Dipadukan dengan postur manusia dan tracking pengenalan wajah, CyberDog mampu mengikuti pemiliknya dan menghindari halangan," kata Xiaomi.

CyberDog juga bisa merespons perintah suara pemiliknya, termasuk mengenali kata dan instruksi saat bangun, atau bisa dikontrol menggunakan ponsel yang terhubung. Robot berwarna hitam ini juga dilengkapi dengan tiga port USB-C dan satu port HDMI.

Xiaomi mengatakan akan menjual 1.000 unit CyberDog untuk Mi Fans, teknisi dan penggemar robot. 1.000 unit pertama ini akan dijual dengan harga 9.999 Yuan atau sekitar Rp 22,2 juta, jauh lebih murah ketimbang Spot.



Simak Video "Menantikan Xiaomi Mix Fold 2, Penantang Ponsel Layar Lipat Samsung"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT