Ini Top 5 Vendor HP di Indonesia Q2 2021, Xiaomi Nomor Satu

Ini Top 5 Vendor HP di Indonesia Q2 2021, Xiaomi Nomor Satu

Adi Fida Rahman - detikInet
Sabtu, 07 Agu 2021 07:08 WIB
Smartphone
Top 5 vendor HP di Indonesia adalah... Foto: Designed by katemangostar via Freepik
Jakarta -

Lembaga riset Canalys baru saja merilis daftar top 5 vendor HP di Indonesia sepanjang Q2 2021. Xiaomi untuk pertama kalinya menduduki posisi nomor satu.

Sepanjang April hingga Juni 2021, Xiaomi berhasil menguasai 28%. Angka pertumbuhan dari periode yang sama tahun sebelumnya sangat mencengangkan, mencapai 112%.

Pihak Canalys tidak membeberkan produk apa saja yang bikin Xiaomi meroket ke posisi paling atas. Dugaan detikINET, kesuksesan Redmi Note 10 series dan jajaran ponsel Poco terbaru bikin perusahaan besutan Lei Jun ini terdongkrak posisinya.

Menanggapi keberhasilan ini, bos Xiaomi Indonesia Alvin Tse pun langsung mengirimkan surat bagi para Mi Fans dan mitranya di Tanah Air. Dia mengucapkan terima kasih karena tanpa dukungan keduanya hal tersebut mustahil terjadi.

"Terima kasih telah percaya dan berdiri bersama kami untuk mewujudkan mimpi yang ambisius yakni menghadirkan inovasi kepada setiap warga Indonesia," tulis Alvin dalam suratnya.

Kembali ke laporan Canalys, di posisi kedua dihuni oleh Oppo dengan pangsa pasar 20% dan tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 2%.

Sementara di posisi ketiga ada Samsung yang punya market share 18%. Samsung mencatatkan pertumbuhan yang cukup baik dari Q2 2021 yakni meningkat 23%.

Posisi Relame yang sebelumnya berada di urutan kelima naik ke posisi empat pada Q2 2021. Pangsa pasar mereka 12% dengan tingkat pertumbuhan tahunan 6%.

Vivo kini menempati posisi kelima dengan market share 12%. Sedikitnya varian ponsel yang dirilis membuat pertumbuhan tahunan Vivo tercatat -28%.

CanalysHasil riset Canalys pasar HP Indonesia Q2 2021 Foto: dok Canalys


Simak Video "Alasan Oppo A95 Tak Dilengkapi Fitur '5G Ready'"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)