Ssstt... Ini Rahasia di Balik Kamera Bawah Layar Oppo

Ssstt... Ini Rahasia di Balik Kamera Bawah Layar Oppo

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 05 Agu 2021 15:13 WIB
Kamera bawah layar Oppo
Ssstt... Ini Rahasia di Balik Kamera Bawah Layar Oppo Foto: dok. Oppo
Jakarta -

Oppo belum lama ini memamerkan teknologi kamera selfie bawah layar terbarunya yang diklaim tidak akan mengorbankan kualitas layar atau hasil foto. Ini dia rahasia di balik teknologi anyar tersebut.

Ini adalah teknologi kamera bawah layar generasi ketiga yang dikembangkan oleh Oppo. Mereka mengatakan teknologi terbaru ini akan mengatasi dua masalah yang kerap membayangi kamera bawah layar yaitu display yang tidak konsisten dan kualitas foto yang rendah.

Dilansir dari keterangan resmi Oppo, untuk menghadirkan teknologi baru tersebut, Oppo mengembangkan sejumlah inovasi baru pada desain dan algoritma yang digunakan untuk memproses foto yaitu:

1. Inovasi pada pixel geometri

Teknologi kamera bawah layar sebelumnya lebih mengutamakan mengurangi kepadatan pixel di layar sekitar kamera sehingga cahaya tetap bisa masuk. Pendekatan seperti ini membuat layar di sekitar kamera terlihat tidak konsisten, apalagi saat digunakan untuk menonton video atau membaca teks.

Oppo mengubah pendekatan tersebut dengan mengecilkan ukuran pixel di layar tanpa mengurangi kepadatannya. Jadi bagian layar di dekat kamera tetap memiliki kepadatan 400 ppi sama seperti bagian layar lainnya.

2. Pemasangan kabel transparan

Oppo mengganti kabel layar tradisional dengan kabel layar transparan. Karena dibuat dengan presisi yang tinggi, lebar kabel transparan bisa dikurangi hingga 50% dan menghasilkan tampilan yang jauh lebih halus.

3. Peningkatan akurasi layar, warna dan kecerahan

Saat ini standar kamera bawah layar menggunakan arsitektur satu pixel untuk menggerakkan dua pixel (1-ke-2). Oppo mengembangkan inovasinya sendiri yaitu satu pixel untuk menggerakkan satu pixel (1-ke-1).

Ketika dikombinasikan dengan algoritma yang tepat, inovasi ini diklaim dapat menghasilkan kromatisitas dan kecerahan di seluruh layar dengan tepat, dengan penyimpangan hanya 2%. Inovasi ini juga bermanfaat untuk penggunaan seperti membaca e-book atau melihat peta navigasi karena bisa menampilkan huruf berukuran kecil dengan lebih akurat dan tekstur warna yang lebih baik.

Kamera bawah layar OppoKamera bawah layar Oppo Foto: dok. Oppo

4. Peningkatan masa pakai komponen

Dengan penggunaan sirkuit 1-ke-1 dan algoritma khusus, teknologi kamera bawah layar Oppo tidak hanya memberikan tampilan layar yang konsisten tapi juga meningkatkan masa pakai layar hingga 50%.

Selain inovasi desain di atas, developer Oppo dari U.S. Research Institute juga mengembangkan algoritma AI untuk membantu pemrosesan foto. Misalnya dari pengurangan difraksi, HDR, dan Auto White Balance yang bisa mengurangi efek buram dan berpendar yang biasanya muncul di hasil foto kamera bawah layar.

Oppo juga melatih kecerdasan buatannya dengan puluhan ribu foto yang bisa mengatasi masalah yang disebabkan oleh difraksi cahaya, sehingga hasil foto yang ditangkap terlihat lebih jelas dan alami. Oppo juga menyertakan sampel foto yang diambil menggunakan kamera bawah layarnya, dan hasilnya pun lumayan jika dibandingkan teknologi sebelumnya.

Sampel foto yang diambil menggunakan kamera bawah layar OppoSampel foto yang diambil menggunakan kamera bawah layar Oppo Foto: dok. Oppo

Oppo tidak mengungkap kapan teknologi kamera bawah layar ini akan diluncurkan untuk publik. Sementara ini, vendor asal China tersebut akan terus melanjutkan pengembangan desain algoritma untuk mengoptimalkan teknologi kamera bawah layar.

Jika teknologi ini siap dipasarkan secara komersial dalam waktu dekat, maka tidak lama lagi tren kamera bawah layar akan menggantikan desain punch-hole yang banyak digunakan beberapa tahun belakangan. Bagaimana detikers, tertarik menjajal ponsel dengan kamera bawah layar?



Simak Video "Perpaduan Lengkap Desain dan Teknologi di OPPO Reno6 Series 5G"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)