Thunderbolt 5 Tawarkan Kecepatan 80Gbps

Thunderbolt 5 Tawarkan Kecepatan 80Gbps

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Rabu, 04 Agu 2021 22:10 WIB
Intel Thunderbolt 4
Thunderbolt 4. Foto: Dok. Intel
Jakarta -

Thunderbolt 4 memang belum terlalu lama dirilis, namun Intel kini sudah menyiapkan Thunderbolt 5, yang punya jalur data sebesar 80Gbps dengan bentuk port yang sama, yaitu USB-C.

Informasi ini diketahui dari Gregory Bryant, seorang eksekutif Intel, lewat postingan Twitter yang kini sudah ia hapus. Dari kicauan tersebut diketahui kalau kecepatan Thunderbolt 5 dua kali lebih kencang dibanding Thunderbolt 4 tanpa mengubah bentuk port.

Bryant menggunakan judul '80G PHY Technology' di kicauannya itu, yang mengacu pada konektor fisik yang menawarkan koneksi 80Gbps, dua kali lipat dibanding 40Gbps di Thunderbolt 4.

Artinya, Intel masih akan menggunakan port USB-C di teknologinya yang akan datang, meski nantinya kabel, dock, ataupun hub yang sebelumnya mendukung Thunderbolt 4 belum tentu akan mendukung Thunderbolt 5, alias harus diganti dengan yang baru.

Namun setidaknya, charger, storage eksternal, dan dongle yang menggunakan colokan USB-C bakal tetap bisa berfungsi dengan port Thunderbolt 5 meski kecepatannya tak maksimal.

Lalu dari foto yang diposting Bryant juga terungkap teknologi yang dipakai Intel di ke depannya. Yaitu 'PAM-3 modulation technology', yang menurut Anandtech adalah sebuah metode baru untuk mengirimkan data berbentuk bit lewat kabel, dan punya jalur data lebih besar dibanding metode yang dipakai saat ini.

Tentu saja, Thunderbolt 5 mungkin masih membutuhkan waktu berbulan-bulan, atau bahkan tahunan, sebelum dirilis dan tersedia di perangkat-perangkat yang ada di pasaran.

Pasalnya umur Thunderbolt 4 pun baru sekitar setahun, dan baru mulai tersedia di perangkat yang ada di pasaran, demikian dikutip detikINET dari The The Verge, Rabu (4/8/2021).



Simak Video "Huawei Boyong MateBook D14 dan D15 ke Indonesia, Apa Kelebihannya?"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)