Masalah Gas Bikin Produksi Prosesor iPhone 13 Terganjal

Masalah Gas Bikin Produksi Prosesor iPhone 13 Terganjal

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 03 Agu 2021 06:15 WIB
Ilustrasi TSMC
Foto: Dok. TSMC
Jakarta -

Sejauh ini produksi iPhone dan berbagai perangkat Apple lain belum terdampak dari kelangkaan chip. Namun ada insiden di TSMC yang mungkin membuat produksi system on a chip iPhone 13 terganjal.

Insiden tersebut adalah pasokan gas yang terkontaminasi di pabrik pabrik Fab 18 milik TSMC, yang memproduksi SoC iPhone 13, Mac generasi selanjutnya, dan kemungkinan iPad Pro 2022.

Dalam keterangannya ke Nikkei Asia, TSMC mengakui kalau beberapa lini produksinya di South Taiwan Science Park menerima pasokan gas yang terkontaminasi dari pemasoknya, dan langsung mengganti pemasok gas tersebut.

TSMC kemudian mengambil langkah-langkah yang diperlukan agar masalah tersebut tak berdampak pada kualitas produksi chip A15 Bionic, yang kabarnya mulai diproduksi sejak akhir Mei lalu.

Mereka pun menganggap kalau insiden tersebut tak akan berdampak besar pada operasional produksi chip, demikian dikutip detikINET dari Phone Arena, Senin (2/8/2021).

Laporan yang sama juga menyebut Apple bakal memproduksi iPhone 13 secara massal pada akhir Agustus, dan perilisannya ke publik kemungkinan akan terjadi pada September.

Apple sebelumnya juga pernah memperingatkan investor kalau mereka akan mengalami masalah pasokan chip pada kuartal mendatang. Lalu pada April lalu pun mereka menyatakan kelangkaan chip ini akan berdampak pada iPad dan Mac.

Pada laporan keuangan terbaru Apple, mereka mengalami peningkatan penjualan iPhone sebesar 50%, dengan nilai mencapai USD 39,57%. Namun hal itu malah membuat CEO Apple Tim Cook pusing.

Yaitu karena masalah kelangkaan pasokan chip, yang nantinya bakal berdampak pada penjualan iPhone. Permintaan iPhone yang tinggi kemungkinan tak dapat semuanya dipenuhi karena isu yang sudah berlangsung cukup lama tersebut.

"Permintaan (iPhone) sangat bagus dan jauh melampaui harapan kami sehingga malah sulit untuk mendapatkan seluruh set komponen di waktu yang sesuai," kata Cook.



Simak Video "Ragam Respons Netizen soal Seri Terbaru iPhone 13"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/afr)