Jangan Beli GPU Bekas Mining Kripto, Pokoknya Jangan!

Jangan Beli GPU Bekas Mining Kripto, Pokoknya Jangan!

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Senin, 02 Agu 2021 20:12 WIB
Kepolisian Inggris menggeledah bangunan yang dikira ladang ganja, ternyata isinya tambang Bitcoin
Ilustrasi tambang kripto. Foto: dok. West Midlands Police
Jakarta -

Maraknya razia tambang kripto membuat para penambang menjual kartu grafis yang sebelumnya dipakai untuk menambang aset kripto dengan harga miring.

Harga yang murah ini tentunya sangat menarik, terutama pada kondisi saat ini. Yaitu di mana harga kartu grafis baru masih sangat tinggi dibanding harga jual yang disarankan oleh pabrikan.

Namun menurut Palit, salah satu perusahaan pembuat kartu grafis, mereka tidak menyarankan konsumen untuk membeli kartu grafis yang sebelumnya dipakai untuk menambang karena akan mengalami penurunan performa yang cukup signifikan.

Dari hasil pengujian independen oleh Palit, seperti dilansir detikINET, Senin (2/8/2021) performa GPU yang sudah dipakai menambang selama setahun bakal menurun sebanyak 10%. Pasalnya saat dipakai menambang, kartu grafis akan digenjot sampai 100% secara terus-menerus.

Meski begitu, Palit juga menyatakan penurunan performa ini tak selalu terjadi. Terutama jika si penambang bisa memastikan kartu grafisnya mendapat pasokan udara yang mencukupi atau bahkan di-undervolt, penurunan performanya mungkin tak terlalu terasa.

Namun seringkali penambang tak memperhatikan hal tersebut. Mereka mengoperasikan mesinnya di tempat sempit dengan sirkulasi udara tak memadai dan suhu yang tinggi. Hal ini bisa memicu oksidasi di bagian-bagian yang disolder juga menurunkan performa thermal pads dan paste yang menghantarkan panas dari chip ke heatsink.

Selain itu, kartu grafis yang dipakai menambang bisa saja sudah dimodifikasi. Seperti mengganti sistem pendingin untuk memaksimalkan hasil tambang, yang bakal menghilangkan garansi kartu grafis.

Palit tentu tak mendapat pemasukan dari konsumen yang membeli kartu grafis bekas, jadi wajar saja jika mereka menyarankan hal ini. Tapi alasan-alasan dari saran mereka terbilang masuk akal.

Kalau detikers bagaimana, mau beli kartu grafis bekas tambang atau tidak?



Simak Video "Mengulik Aset Kripto Bitcoin, Gampang Cair Lewat Sistem Faucet"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)