Corning Bikin Gorilla Glass Buat Kamera

Corning Bikin Gorilla Glass Buat Kamera

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Sabtu, 24 Jul 2021 08:11 WIB
Corning Gorilla Glass DX dan DX+ untuk pelindung lensa kamera ponsel.
Foto: Dok. Corning
Jakarta -

Corning memamerkan sebuah lapisan kaca baru yang berfungsi sebagai pelindung lensa kamera pada ponsel, yang bernama Gorilla Glass with DX dan DX+.

Lapisan kaca ini tak cuma berfungsi sebagai pelindung, melainkan juga menangkap lebih banyak cahaya. Corning mengklaim Gorila Glass with DX dan DX+ ini punya performa optik yang lebih baik dan ketahanan terhadap goresan yang lebih baik.

Varian komposit DX ini sebenarnya tak benar-benar baru, karena Corning pernah menggunakannya sebagai lapisan kaca untuk smartwatch pada 2018. Namun mereka menyebut lapisan kaca untuk lensa kamera punya tantangan tersendiri.

Tantangannya adalah kaca tersebut harus lebih tahan gores dan di saat bersamaan bisa meneruskan cahaya yang lebih banyak, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Sabtu (24/7/2021).

Menurut Corning, cahaya yang lebih banyak berarti kualitas foto yang lebih baik. Masuk akal memang, karena hal ini juga yang membuat sensor kamera yang lebih besar membuat kualitas gambar lebih baik, karena cahaya yang bisa ditangkap lebih banyak ketimbang sensor yang lebih kecil.

Namun menurut Corning, refleksi dari kaca membuat cahaya yang terekam menjadi lebih sedikit. Inilah yang terjadi pada pelindung kaca yang punya lapisan anti-reflective di dalamnya, yang berdampak pada kualitas foto yang dipotret.

[Gambas:Youtube]



Mereka mengklaim dengan menggunakan lapisan DX dan DX+ ini, lensa kamera bisa menangkap 98% cahaya yang ada. Lebih besar dibanding lapisan pelindung lensa biasa yang hanya bisa dilewati 95% cahaya.

Kelebihan ini tentunya tetap dengan keunggulan tahan goresan layaknya Gorilla Glass biasa.

Belum diketahui ponsel apa yang kameranya bakal memanfaatkan Gorilla Glass DX dan DX+ ini. Namun bisa saja Samsung adalah perusahaan pertama yang memakainya, karena mereka dalam waktu dekat akan merilis ponsel terbarunya lewat Galaxy Unpacked pada 11 Agustus.



Simak Video "iPhone 13 Diejek Samsung"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/rns)