Survei Membuktikan: iPhone 12 Mini dan iPhone XR Paling 'Gak Laku'

Survei Membuktikan: iPhone 12 Mini dan iPhone XR Paling 'Gak Laku'

Panji Saputro - detikInet
Minggu, 18 Jul 2021 19:41 WIB
iPhone 12 Mini
Survei Membuktikan: iPhone 12 Mini dan iPhone XR Paling Gak Laku (Foto: Tom's Guide)
Jakarta -

Digadang hadir dengan inovasi dan menawarkan fitur serupa tapi murah, ternyata konsumen berpendapat lain. Pasalnya, survei membuktikan, iPhone 12 Mini dan iPhone XR menjadi varian iPhone yang paling tidak laku.

Consumer Intelligence Research Partners (CIRP), merilis hasil penelitiannya terkait penjualan Apple pada Q3 tahun 2021. Mereka menemukan bahwa empat model iPhone 12 mulai dari seri 12, 12 Pro, 12 Pro Max dan 12 mini, telah menyumbang 63% penjualan iPhone di Amerika Serikat (AS).

Kendati begitu, laporan tersebut mengungkapkan bahwa model terbaru iPhone 12 Mini dan iPhone X yang paling 'tidak laku', yakni masing-masing 5%. Berbeda dengan iPhone 12 Pro Max dan iPhone 11 menyumbang pangsa terbesar hingga 23%, dikutip detikINET dari GSM Arena, Minggu (18/7/2021).

CRIP membeberkan, peningkatan belanja berkolerasi dengan minat konsumen terhadap pergantian produk iPhone. Mereka berbelanja di toko ritel Apple, lalu memilih iPhone yang lebih mahal dan pensiun dari model lama.

"Kami bertanya kepada konsumen tentang usia ponsel mereka sebelumnya dan pada kuartal ini, kami melihat pangsa ponsel yang berusia tiga tahun atau lebih menurun," kata Mike Levin, Co-Founder dan Mitra CIRP.

"Pada kuartal tersebut, sepertinya pembeli iPhone menukar lebih sedikit ponsel lama dan memilih model iPhone yang lebih mahal saat mereka melakukan upgrade," tambahnya.

Survei ini dilakukan oleh CIRP terhadap 500 pelanggan Apple di AS, yang membeli iPhone, iPad, komputer Mac atau Apple Watch pada periode April-Juni 2021.

Sementara itu, Apple telah menyiapkan versi terbaru dari keluarga besar iPhone, yakni iPhone 13. Dikabarkan, ponsel pintar ini siap rilis pada minggu ketiga bulan September, yang diperkirakan akan memiliki ruang penyimpanan hingga 1TB.

Diharapkan, model terbaru nantinya memiliki peningkatan pada fitur, seperti layar refresh rate 120Hz, notch yang lebih kecil, pemindai LiDAR pada semua model, dan sensor kamera yang ditingkatkan.



Simak Video "Ikuti Jejak iPhone 11, Apple Rilis iPhone 12 dan 12 Mini Warna Ungu"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/agt)